Ilustrasi kebakaran hutan. Foto: Kricom

IDNEWS.CO.ID – Kebakaran hebat melanda pohon pinus di Gunung Lawu yang masuk Kabupaten Magetan, Jawa Timur selama seharian Sabtu (16/11). Dalam kebakaran itu sejumlah pendaki terjerat dan tak dapat turun.

Banyaknya pendaki yang terjerat di gunung itu diberitakan sejumlah 56 orang. Mereka naiki gunung lewat arah Cemoro. Tim sukarelawan Paguyuban Giri Lawu (PGL) binaan Perhutani KPH Lawu masih melakukan penyisiran untuk mengevakuasi pendaki.

Petugas pintu masuk pendakian Cemoro Sewu, Suparman mengatakan, sebelumnya banyaknya pendaki diberitakan sejumlah 32 orqng. Setelah dilakukan pengecekan lagi, banyaknya bettambah berubah menjadi 56 orang.

“Untuk petugas relawan PGL sudah penyisiran saat ini. Memang sejak tadi malam arah sudah ditutup. Serta kita sisir supaya semua turun untuk memperhitungkan jika kebakaran hutan merambat ke arah pendakian,” imbuhnya Suparman.

Beberapa bagian lantas yang tengah mengusahakan pemadaman kebakaran. Mereka di antaranya petugas Badan Nasional Penanggulangan Petaka (BPBD) Kabupaten Magetan bersama Perhutani, TNI, Polri, perangkat desa dan penduduk sekitar.

Relawan paduan itu berusaha melakukan pemadaman hutan pinus yang terbakar dilakukan secara manual supaya tidak merambat lebih luas

Buat memaksimalkan usaha pemadaman perhutani mengerahkan sekitar 405 team. Pemadaman dilakukan focus pada pencegahan supaya api tidak meluas.

Kebakaran Gunung Lawu segi Magetan ada di RPH Bedagung yang merupakan hutan produksi. Yaitu hutan pinus ada sekitar 3 Km dari pemukiman masyarakat Desa Bedagung dan Sukowidi.

Kepulan asap nampak dari terlalu jauh berwarna putih ikut angin menuju ke utara. Serta tadi malam nampak tampil jelas titik api dari wilayah Kabupaten dan Kota Madiun. Penampakan titik warna merah itu banyak menyebar di penerapan perbincangan whatsApp atau sosial media facebook. (ndi)

LEAVE A REPLY