Anies Baswedan kurbankan sapi Limosin di Masjid Balai Kota

IDNEWS.CO.ID – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan setidaknya ada ratusan hewan kurban yang tak pantas di Ibu Kota pada tahun ini. Salah satunya karena sakit dan tak cukup usia.

Akan tetapi, Anies pastikan, sejumlah besar hewan kurban yang disembelih pada periode Idul Adha 2019 di Jakarta telah penuhi syarat. Baik dari bagian kesehatan atau umur.

“Jadi sampai dengan 11 Agustus jam 5.00 pagi, kita mengecek hewan kurban di 1.474 area, yang diperiksa ada 97.005 hewan kurban, sapi, kerbau, kambing domba. Sebagian besar sehat,” kata Anies di kediamannya di sekitar Lebak Bulus, Jakarta, Minggu (11/8/2019).

Dia sebutkan ada 202 hewan yang ditemukan sakit. Salah satunya sakit karena depresi dalam perjalanan. Lalu sejumlah 344 hewan kurban dianggap tak cukup usia.

“Jadi yang ditemukan tak pantas karena itu ia tak bisa digunakan sebagai hewan kurban, dengan dikasih tanda mereka dikasih peringatan semestinya tak dapat digunakan,” jelasnya.

Dia menyatakan, harusnya disaat memberikan hewan kurban karena itu harusnya telah penuhi keputusan syariat. Jika tak penuhi, karena itu seharusnya jangan disembelih. “Yang dilakukan otomatis sesuai syariat,” bebernya.

Sebelumnya, Anies diketahui menyembelih sendiri sapi kurbanya yang berjenis Limosin seberat 1,2 ton, di dekat kediamannya di Jalan Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan. Dia akui memang terlatih menyembelih hewan kurban sejak di kursi SMA.

Ia juga menceritakan pengalamannya waktu itu. Juga mengharapkan rutinitas keluarganya menyembelih sendiri hewan kurban akan dilanjutkan oleh keturunannya kedepannya. (fat)

LEAVE A REPLY