IDNews.co.id – Persoalan proyek reklamasi belakangan kerap menjadi isu yang dipertanyakan kepada Anies-Sandi oleh media massa bila resmi memimpin Kota Jakarta. Hal ini tentunya dikawatirkan akan mengaburkan misi penting dari gubernur-wakil gubernur terpilih.

Padahal, proyek reklamasi merupakan persoalan dari kebijakan kepemimpinan sebelumnya. Jangan sampai justru menjadi beban politik yang berkepanjangan bagi pasangan yang terpilih secara mutlak oleh warga Jakarta.

Ir. H. Budi Siswanto, Ketua Relawan Forum Bersama Jakarta.

Tugas mulia yang dijanjikan sekaligus menjadi skala prioritas saat Anies-Sandi dilantik nanti adalah bagaimana memberikan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau, serta harga sembako yang terjangkau bagi warga.

Termasuk ketersedian lapangan pekerjaan serta penghidupan yang layak di Jakarta dengan ketersediannya tempat tinggal yang layak huni serta akses pelayanan kesehatan bagi semua warga Jakarta.

Belum lagi soal besar lainnya, terkait penanggulangan kemacetan yang tidak pernah tuntas, persoalan banjir dan sampah. Inilah program-program yang perlu jadi concern Anies-Sandi setelah dilantik.

Sedangkan proyek reklamasi, saat ini sudah menjadi isu besar dengan keterlibatan banyak pihak di dalamnya. Pemerintah pusat sudah mengambil alih kebijakan yang akan diputuskan dalam waktu tidak lama lagi. Bagi Pemprov DKI ke depan, perlu diambil langkah kebijakan yang komprehensif.

Bagi pulau yang belum dibangun sebaiknya perlu dilakukan moratorium, menunggu kejelasan terkait keberadaannya. Namun terhadap pulau-pulau yang telah terbangun, perlu dilakukan proses mediasi untuk mencari jalan keluar terbaik dengan prinsip keterbukaan, kepastian hukum, proses yang transparan, serta memperhatikan prinsip berkeadilan bagi semua pihak, terutama bagi warga nelayan, serta manfaat bagi warga jakarta pada khususnya. (*)

LEAVE A REPLY