Ilustrasi ibu hamil

IDNEWS.CO.ID – Saat trimester awal kehamilan, ibu hamil (bumil) dianjurkan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung gizi komplet, termasuk buah-buahan. Lalu, buah apa saja yang dianjurkan untuk ibu hamil muda?

Buah merupakan salah satunya makanan sehat yang direkomendasi untuk ibu hamil. Buah bisa memberikan konsumsi vitamin dan mineral yang diperlukan janin untuk tumbuh kembangnya. Diluar itu, mengonsumsi buah saat hamil muda dapat mengurangi keluhan sembelit yang seringkali terjadi selama kehamilan.

Tersebut disini jenis buah-buahan yang direkomendasi dikonsumsi oleh ibu hamil muda:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satunya buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda, karena kaya akan asam folat yang berfaedah untuk mendukung kemajuan saraf janin. Diluar itu, kalium yang terdapat di alpukat bermanfaat untuk memudahkan gejala morning sickness yang seringkali terjadi pada trimester awal kehamilan.

2. Pepaya

Pepaya yang sudah masak aman dikonsumsi oleh ibu hamil muda. Pepaya masak kaya akan nutrisi penting yang baik untuk ibu hamil, seperti vitamin A, B, C, asam folat, dan serat. Dengan mengonsumsi pepaya secara teratur, timbulnya sembelit yang seringkali terjadi selama kehamilan dapat dihindari.

Tetapi, pepaya mentah tidak direkomendasi untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena mengandung lateks yang bisa menimbulkan kontraksi pada rahim.

3. Jeruk

Jeruk pun termasuk ke jenis buah yang baik dikonsumsi saat hamil muda, karena mengandung vitamin C dan folat yang begitu baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat untuk menolong penyerapan zat besi, dan memiliki fungsi sebagai antioksidan yang bisa menahan kerusakan sel karena radikal bebas. Sesaat kandungan air dalam jeruk bisa menahan dehidrasi selama kehamilan.

4. Mangga

Mangga merupakan salah satunya buah yang baik untuk dikonsumsi saat hamil muda karena vitamin C dan A yang terdapat di dalamnya. Ke dua vitamin ini berfaedah untuk tingkatkan ketahanan badan dan menahan diare dan infeksi aliran pernafasan pada bayi baru lahir.

Tetapi ingat, yakinkan buah sudah dicuci bersih menggunakan air mengalir sebelum dikonsumsi. Soal ini bertujuan untuk melenyapkan kuman dan kotoran, termasuk toxoplasma yang bisa membahayakan kesehatan janin.

Diawalnya kehamilan, makanlah berbagai jenis buah untuk ibu hamil muda seperti yang telah dijelaskan di atas. Jika perlu, tanyakan pada dokter kandungan berkenaan pilihan buah yang lain yang baik untuk dikonsumsi selama kehamilan. (ria)

LEAVE A REPLY