Ayam Geprek Sambal Buah

IDNEWS.CO.ID – Olahan ayam banyak digemari berbagai kalangan, salah satunya ayam geprek atau ayam goreng tepung yang ditumbuk (geprek) dan dibaluri dengan sambal.

Belakangan tak hanya sambal, ayam geprek ini juga disajikan dengan berbagai macam topping dan varian sambal. Bahkan ada pula level kepedasan sambal dapat dipilih.

Banyak media menulis soal asal-usul ayam geprek, ayam garing ini disebut-sebut berasal dari Yogyakarta. Pada 2017 silam, bahkan ayam geprek sempat tenar dan jadi salah satu makanan yang dicari di google. 

Tak hanya di google ternyata kuliner ayam geprek juga tak sepi peminat. Rahma marketing waralaba Ayam Geprek Menara mengatakan kalau setiap bulan peminat waralaba ayam geprek terus bertambah.

“Peminatnya banyak, karena bia dibilang ayam geprek ini jadi comfort food-nya orang Indonesia. Apalagi ciri yang banyak disukai jika banyak varian toppingnya,” ujarnya kepada VIVA lewat keterangan media Kamis 29 Agustus 2019.

Lebih lanjut ia mengatakan salah satu faktor yang menarik pembeli adalah aneka topping-nya. “Belakangan kan mozarela ya, kalau kita suguhkan dengan aneka buah yang jarang ditemui, seperti Sambal Nanas, Sambal Korek, Sambal Pecit (mangga muda), bahkan ada juga sambal stroberi, sambal blimbing wuluh, sambal apel dan lainnya,” ujarnya.

Selain itu lalapannya juga unik karena menggunakan sayur crispy. Salah satunya adalah Kangkung kremes. “Kuncinya itu menurut saya di topping-nya.”

Selain enak, bikin ayam geprek ternyata tak sulit. Berikut ini VIVA lampirkan resep ayam geprek sambal buah mangga. Dilansir dari laman cookpad akun @sandrarisma.

Bahan-bahan:

250 gram ayam bagian dada (bumbu marinasi ayam)
2 siung bawang putih, haluskan
1 ruas jahe, haluskan
Secukupnya garam dan lada

Bahan pelapis ayam:

3 sdm tepung bumbu crispy
2 sdm tepung terigu
1 sdm tepung maizena
Secukupnya lada dan kaldu jamur

Bahan pencelup:

1 butir telur, kocok lepas
Secukupnya minyak untuk menggoreng

Bahan sambal:

1 buah mangga manalagi, iris memanjang
1 siung bawang merah
1 siung bawang putih
4 cabe merah
5 cabe rawit merah
1 bungkus terasi Abc
Sejumput garam
1/4 keping gula merah, ukuran kecil

Langkah    

Cuci bersih ayam dan tiriskan. Masukkan bumbu marinasi dalam ayam. Aduk merata. Simpan dalam kulkas semalaman. Sisihkan.

Campur bahan pelapis dalam wadah. Sisihkan. Taruh bahan pencelup dalam wadah, kocok lepas. Ambil ayam dan masukkan dalam bahan pencelup. Aduk merata.

Kemudian masukkan ayam dalam bahan pelapis, bolak balik biar merata, sambil dicubit”. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ayam sampai kuning keemasan. Goreng dengan api kecil yaa.. Biar ayam matang sempurna. Angkat dan tiriskan.

Goreng bawang dan cabe, angkat dan tiriskan. Kemudian haluskan dalam cobek. Tambahkan sejumput garam, gula merah dan trasi. Koreksi rasa. Setelah itu masukkan mangga yang sudah diiris memanjang. Aduk merata.

Penyet ayam dengan ulekan dan taruh dalam piring saji. Beri sambal mangga di atas ayamnya. Sajikan.

Ayam Geprek Sambal Buah

Ayam geprek ini potensial banget untuk dijadikan usaha rumahan. Tapi jika tak ingin ribet, bulan ini waralaba Ayam Geprek Menara @ayamgeprekmenara.id menawarkan diskon. “Ada promo hingga 2.5 Juta, jadi paket usaha franchise ayam geprek menara yang sebelumnya 10 juta, kini bisa didapat hanya dengan 7.5 juta saja. Itu sudah termasuk booth yang kekinian,” ujarnya. (nda)

LEAVE A REPLY