Ilustrasi

IDNEWS.CO.ID – Idul Adha merupakan satu momen spesial di mana banyak tersaji olahan daging kambing. Olahan hidangan kambing memang menggoda, sebut saja sate, gule atau tongseng kambing.

Tetapi, untuk mengolah daging kambing tersebut gampang-gampang susah. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah daging alot.

Berikut ini adalah beberapa teknik memasak yang harus diperhatikan supaya daging kambing empuk.

1. Menggunakan daun pepaya dan buah nanas

Sebelum memasak, bungkuslah daging kambing dengan daun pepaya dan buah nanas. Daun pepaya membantu membuat daging menjadi empuk setelah matang. Sementara itu, nanas berfungsi untuk menghilangkan bau prengus (bisa juga diganti perasan jeruk nipis atau jeruk limau).

2. Membolak-balikkan daging setiap satu menit

Koki Eksekutif Morton’s Steak House di New York City, Elias Iglesias merekomendasikan agar memasak daging dalam panci dengan api besar selama satu menit bisa menjaga rasa dan juice di dalam daging. Kemudian cara lain yang bisa digunakan adalah dengan membalikkan daging setelah satu menit menggunakan spatula untuk menghindari menusuk daging dan membiarkan darah habis. Balik satu kali lagi dan selesaikan memasak sesuai suhu yang Anda inginkan.

3. Lumuri dengan parutan buah pir

Buah pir membuat daging kambing cepat empuk dan hilang bau prengusnya. Dibandingkan dengan buah nanas, buah pir lebih sering digunakan masyarakat di luar negeri untuk membuat daging kambing empuk. Caranya hampir sama, parut pir kemudian dilumuri di permukaan daging kambing sampai rata.

4. Bawang merah, bawang putih, ketumbar dan lada

Kombinasi keempatnya tidak hanya memberikan rasa yang enak dan gurih pada daging, namun juga menghilangkan bau dan membantu membuat daging lebih empuk, selama direndam atau dimarinasi dengan tepat.

Rendam daging dalam bumbu yang sudah dihaluskan selama 10-15 menit untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

5. Rebusan daun salam dan lengkuas

Daun salam dan lengkuas dapat digunakan untuk membuat daging kambing empuk dan bebas bau. Masukkan daging dalam air rebusan daun salam dan lengkuas, buang bagian putih berbusa yang muncul saat perebusan lalu angkat saat daging sudah matang sempurna. (ria)

LEAVE A REPLY