Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat Kirstjen Nielsen

IDNEWS.CO.ID – Kirstjen Nielsen, Menteri Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat, yang bertugas menjalankan beberapa kebijakan perbatasan kontroversial Presiden Donald Trump, mengundurkan diri dari jabatannya.

“Menjadi suatu kehormatan seumur hidup baginya untuk bekerja di Departemen Keamanan Dalam Negeri AS,” kata Nielsen dalam surat pengunduran dirinya, seperti dikutip dari BBC.

Melalui akun Twitter pribadinya, Trump mengatakan posisi tersebut untuk sementara akan digantikan oleh Komisaris Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan, Kevin McAleenan.

Selama ini Nielsen bertanggung jawab untuk mengimplementasikan janji Trump soal tembok perbatasan dan pemisahan keluarga migran.

Dia tidak menyebutkan alasan pengunduran diri tersebut, meski mengatakan ini adalah waktu yang tepat untuk mundur dan menyebut AS akan lebih aman daripada ketika dia bergabung dalam pemerintahan.

Pengumuman pengunduran diri Nielsen datang beberapa hari setelah Presiden Trump mengunjungi perbatasan di wilayah selatan.

Trump baru-baru ini mengancam akan menutup perbatasan, namun sejak itu mengubah langkahnya dan berjanji memberi Meksiko waktu satu tahun untuk menghentikan narkoba dan migran yang akan menyeberang ke AS. (fat)

LEAVE A REPLY