Para tenaga medis di Wuhan, China, yang siap menolong pasien virus corona.

IDNEWS.CO.ID – Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya TNI Yudo Margono mengatakan bahwa Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 atau Corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, bisa beroperasi pada Senin 6 April 2020.

“Harapannya tanggal 6 April RS Darurat Pulau Galang sudah bisa dioperasionalkan,” kata Yudo dalam konferensi pers melalui akun YouTube BNPB, Jumat (3/4/2020).

Yudo mengungkapkan bahwa pembangunan rumah sakit darurat penanganan yang dikhususkan bagi pasien penyakit Corona itu saat ini progres pembangunannya sudah mencapai 96 persen.
“Kemudian sarana prasarana sudah siap semua diharapkan tanggal 6 (April) ini bisa dioperasionalkan. Dan di sana juga sudah siap tim dokter selaku Dansatgaskes Kolonel Heru dari Kodam I,” ujar Yudo.
Selain itu, Yudo menyebut, sedang dilakukan perekrutan terhadap tenaga medis dari TNI, Polri, dan para sukarelawan. Setidaknya, sudah ada 77 orang yang siap bertugas di RS Pulau Galang.
Di sisi lain, RS Pulau Galang juga sudah mengajukan permohonan pengadaan peralatan kesehatan atau alat medis. “Peralatan kesehatan dan alat medis sekarang sudah dimobilisasi diajukan ke Kemenkes, BUMN, BNPB,” tutur Yudo. (ach)

LEAVE A REPLY