Sebuah ruko terbakar di Kompleks IBC Garut, Jawa Barat.

IDNEWS.CO.ID – Sebuah ruko terbakar di kompleks pertokoan Intan Usaha Centre (IBC) Jalan Pramuka, Kelurahan Pakuwon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis 14 November 2019. Diduga, pemicu kebakaran karena jalinan arus pendek listrik dari sebuah toko perawatan kulit.

Kasi Humas Polres Garut, Ipda Muslih Hidayat mengatakan, nampak kepulan asap hitam dari lantai dua sebuah toko. Beberapa unit mobil pemadam kebakaran langsung ke arah area kebakaran.

“Hingga api bisa segera dikendalikan dan tidak merambat ke toko lain,” tutur Muslih, Kamis (14/11/2019).

Penyebab kebakaran sementara diperkirakan berasal dari boks panel listrik punya PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang terbakar. Diduga kuat terjadi jalinan arus pendek pada boks panel listrik, karena hujan yang turun, kemarin sore.

“Jadi ini karena jalinan arus pendek listrik pada boks panel listrik punya PLN, saat ini api sudah dapat dikendalikan,” kata Muslih.

Muslih mengatakan, diadukan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Tapi, pemilik toko mengalami kerugian sampai beberapa puluh juta rupiah.

Faksinya memperingatkan supaya orang untuk hati-hati dan mengecek aliran saluran listrik di rumah, mengingat saat ini sudah mulai musim hujan.

“Jadi aliran listrik ini mesti diperiksa, karena air dapat menyebabkan jalinan arus pendek listrik dan jadi penyebab kebakaran,” tukasnya. (fat)

LEAVE A REPLY