Keberadaan sarang burung walet membuat pembongkaran rumah tertunda selama satu bulan. Foto: bbc

IDNews.co.id – Para petani dibagian timur Cina dilaporkan tunda pembongkaran sebuah rumah tua karena ditemukan ada `keluarga` burung walet yang `bermukim` disana.

Menurut surat berita, pertamanya rumah tua yang terdapat di kota Zhuyuan, sisi timur Provinsi Zhejiang itu dijadwalkan akan dibongkar pada 5 Juni, karena tempatnya terdapat ditempat yang dianggap berisiko tinggi pada bencana geologi.

Namun, saat para tukang akan membongkar rumah itu, mereka mendengar suara burung bercicit, dan menemukan empat sarang burung walet yang di dalamnya ada sejumlah anak burung yang kelaparan.

” Empat anak burung mengintip dari satu diantara sarangnya dan menciak karena kelaparan, ” Xu Zheng, orang yang memimpin pembongkaran rumah itu mengatakan pada kantor berita Xinhua.

Ia juga menaikkankan kalau tim juga menemukan tujuh telur burung walet.

Xinhua mengatakan, tim pembongkaran menghubungi ke Asosiasi Burung Liar Zhejiang. Lalu ahli konservasi Song Shihe merekomendasikan mereka tidak untuk mengubahkan burung-burung itu.

Song mengatakan jika mereka mengubahkan sarangnya, bau manusia akan melekat pada anak-anak burung itu, dan mengakibatkan induk burung dapat menelantarkan sarang dan buat keinginan hidup anak-anak burung itu jadi rendah.

Jadwal pembongkaran ulang rumah itu belum diputuskan, namun mengatakan dapat menelan saat sekitar sebulan, karena telur walet memerlukan saat 15 hari untuk menetas, dan anak-anak burung yang baru lahir memerlukan saat sekitar 10 hari untuk dapat mencari makan dan terbang sendiri.

Cina sudah lama hadapi masalah dalam usaha mengubahkan para penghuni dari gedung-gedung tua.

Beberapa orang yang menolak pembongkaran rumah dan pilih bertahan di rumah mereka yang jadi terkucil sendiri di dalam bangunan baru umum terjadi di Cina yang membuat dengan cepat itu.

Rumah-rumah yang bertahan sendirian dari pembongkaran itu dijuluki `rumah-rumah paku`.

Namun, tidak berhasilnya pembongkaran rumah karena ada sekumpulan burung walet yang bersarang adalah peristiwa yang baru pertama kalinya terjadi di negara itu.(ndi)

LEAVE A REPLY