IDNEWS.CO.ID –¬†Bermacam riset menyebutkan tersenyum bisa menciptakan pikiran positif yang menyehatkan. Tetapi tidak demikian jika dilakukan dengan terpaksa, seperti pada beberapa profesi yang mengharuskan untuk selalu tersenyum.

Profesi yang dimaksud antara lain perawat, guru, serta layanan makanan. Sebuah riset di Pennsylvania State University membuktikan bahwa mereka seringkali pura-pura tersenyum sebab tuntutan pekerjaan.

Dalam riset itu, para ilmuwan menemukan kaitan pada emosi yang pura-pura positif dengan perilaku minum berlebihan sepulang kerja. Mereka yang seringkali berpura-pura tersenyum jadi sulit mengontrol asupan alkohol.

“Berpura-pura dan menekan emosi dengan pelanggan terkait dengan minum terkait stres pekerjaan serta pikiran negatif,” kata profesor psikologi Alicia Grandey, diambil dari Foxnews.

Selain itu, sebuah riset di University of Tennessee menyimpulkan bahwa senyuman dapat menghadirkan perasaan positif. Sebaliknya, ekspresi negatif condong menghadirkan perasaan marah dan sedih.

“Kata orang kita bisa merasa sedikit lebih bahagia hanya dengan tersenyum,” kata sang periset, Nicholas Coles, diambil dari Dailymail.

(ndi)

LEAVE A REPLY