Ilustrasi Jogging

IDNEWS.CO.ID – Masih amankah Kota Melbourne untuk wanita untuk keluar rumah dan olahraga sendirian pada malam hari? Pertanyaan ini keluar setelah terjadi perkara pemerkosaan di satu diantara wilayah kota itu.

Beberapa ratus masyarakat berunjukrasa dalam hari Minggu (8/12/2019) protes pemerkosaan yang dirasakan seorang wanita di sebuah taman di Coburg – 13 km dari pusat kota Melbourne.

Momen tersebut terjadi hari Selasa sore minggu lalu. Korban saat itu diperkosa, dicekik dan hampir wafat terbenam di kali, disaat ia sedang jogging di Merri Creek, Coburg.

Jalan setapak yang membuat Merri Creek Trail melalui kawasan Brunswick, Northcote, Coburg dan Thornbury. Area ini amat dikenal untuk jogging dan tamasya masyarakat.

Penyerbuan itu terjadi di saat hari masih jelas di Bowden Reserve, tidak jauh dari jembatan Harding Street yang mempertautkan di antara Thornbury dan Coburg.

A kelompok of people walk over a suspension bridge near green trees and over a creek. Beberapa ratus masyarakat Melbourne berjalan bersama di dekat area dimana seorang wanita diperkosa minggu lalu di Coburg.

Protes hari Minggu malam disebut Reclaim Our Merri Creek (Kuasai Merri Creek) dimulai dari Mayer Park, yang pada Oktober lalu berubah menjadi area seorang pria menyerang wanita dengan pisau.

Belinda Lo yang mengatur protes mengatakan Mayer Park ialah “kawasan yang kerap digunakan dan amat disukainya.”

“Ane bersama masyarakat lain pingin kuasai tempat ini setelah sejumlah serangan kekerasan yang terjadi pada wanita yang dilakukan oleh pria, yang terjadi di wilayah kami,” tuturnya.

“Banyak masyarakat menggunakan tempat biasa secara teratur, dan kita semuanya terutama wanita memiliki hak untuk bebas dari kekerasan disaat menggunakan tempat biasa.”

A young woman wearing a shirt that says reclaim our Merri Creek . Belinda Lo salah seorang pengorganisir unjuk solidaritas.

Serangan yang terjadi hari Selasa memunculkan kemarahan dan memperingatkan insiden lain seperti tewasnya komedian muda Eurydice Dixon di sebuah taman di Melbourne, dan mahasiswi asal Israel Aiia Maasarwe.

Keduanya wafat di ruang terbuka biasa di kota Melbourne.

“Ane rasakan susah dan geram karena tempat biasa yang sebenarnya indah ini tercemari dengan beberapa serangan itu,” kata Lo .

Pemkot ditempat, Moreland City Council, yang membawahi wilayah Brunswick dan Coburg sudah menyuruh pengecekan keamanan di selama Merri Creek.

Mereka mengatakan akan bekerja bersama dengan Kepolisian Victoria dan Komite Manajemen Merri Creek “untuk mengontrol penyelamatan di wilayah itu. ”

Polisi pun tingkatkan patroli di kawasan itu minggu lalu.

A crowd of people, mainly women, stand in a park. Some are wearing Reclaim Our Merri Creek shirts. Masyarakat dari berbagai umur hadiri unjuk solidaritas Reclaim Our Merri Creek.

Sampai kini polisi sudah membendung Joel Russo (25 tahun) dengan dakwaan melakukan berbagai serangan, termasuk serangan hari Selasa malam dan 10 dakwaan pemerkosaan yang lain.

Ia akan diserahkan ke pengadilan pada 12 Maret 2020. (ach)

LEAVE A REPLY