Susilo Bambang Yudhoyono, Foto: Ngelmu.co

IDNEWS.CO.ID – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhyono (SBY), akan mulai bicara politik saat 40 hari wafatnya sang istri, Ani Yudhoyono. Perihal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

Walaupun sudah mulai membicarakan politik, tapi Hinca mengatakan jika pembicaraan politik masih sekedar internal di Partai Demokrat.

Saat Ani Yudhoyono melakukan penyembuhan di Singapura sampai meninggal dunia, SBY memang menyatakan berhenti sesaat membicarakan politik.

“Aku berikan kawan-kawan esok Pak SBY sudah bisa mulai berdiskusi dengan kami internal. Esok ada Ketua-ketua DPD dan Sekretaris se-Indonesia yang memang ada malam ini hari, esok kami teruskan pada hari ini untuk mengawali merundingkan beberapa hal yang berkenaan dengan partai,” kata Hinca di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

Berkenaan apa pembicaraan politik di internal membicarakan arah partai usai Pemilihan presiden 2019, Hinca belum bisa menegaskan. Karena, sejak Februari sampai saat ini tidak komunikasi secara langsung di antara SBY dengan internal partai.

Hinca belum dapat menjelaskan pembahasan dengan SBY secara internal itu apa terkait arah Demokrat pasca-pilpres ataulah bukan. Yang jelas, lanjut Hinca, diskusi dengan SBY cuma berkenaan internal Demokrat.

“Kita lihat esok. Ini baru peluang pertama Pak SBY bicara dan pasti bicaranya ke dahulu, ke kami dahulu, terhadap semuanya ketua-ketua DPD di semuanya Indonesia untuk memberikan petunjuk, saran, dan penjelasan,” tuturnya.

“Karena sejak tanggal 2 Februari hingga per ini hari tidak ada komunikasi yang sungguh-sungguh secara langsung karena memang Pak SBY secara fisik mengikuti Ibu Ani hingga tanggal 1 Juni di Singapura.” (ndi)

LEAVE A REPLY