Ashanty

IDNEWS.CO.ID – Kabar pilu yang menimpa artis Ashanty sontak mengagetkan banyak orang. Istri Anang Hermansyah ini beberapa waktu lalu didiagnosis dokter terkena penyakit autoimun.

Ashanty mengungkap kisahnya lewat unggahan terbarunya ydi Instagram. Ia mengatakan mulanya hanya menemani sang suami melakukan check up detail kepala, jantung dan lainnya.

Namun, dia diminta ikut check up demi menjaga kesehatan. Tak pernah diduga, ternyata selama ini Ashanty menderita autoimun.

Dilansir Healthline, autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang tubuh sendiri. Hingga kini sayangnya, dokter masih belum mengetahui penyebabnya.

Selain Ashanty, ternyata ada beberapa selebriti Indonesia yang juga berjuang melawan Autoimun. Siapa saja mereka? Berikut ini rangkumannya.

Raditya Dika

Penulis dan komedian Tanah Air ini mengaku mengidap penyakit autoimun. Penyakit autoimun sendiri ternyata memiliki berbagai jenis yang jarang diketahui banyak orang.

Dalam vlog dari akun resmi Youtube Raditya Dika, ia mengajak istri serta anaknýa untuk berangkat ke Singapura. Ayah satu anak ini berencana berobat sambil berlibur bersama buah hati tercintanya.

“Hari ini gue mau berangkat ke Singapura buat check up setahun sekali untuk autoimun gue di rumah sakit yang sama,” ujar Raditya Dika dikutip VIVA, Senin 2 September 2019.

Rupanya penyakit autoimun ini membuat Raditya Dika rajin kontrol ke Singapura. Pada November 2018 lalu, ia juga pernah melakukan check up saat sang istri sedang mengandung. 

“Ceritanya gue mau ninggalin istri gue selama dua minggu. Nanti jam 3 gue akan terbang ke Singapura buat check up karena gue ada penyakit auto imun, gitu. Jadi, tiap tahun harus check up,” ujarnya dilansir dari vlognya.

Cici Panda

Presenter Cici Panda menjadi salah satu artis yang berjuang melawan Autoimun. Sejak 2015 Cici Panda didiagnosis menderita penyakit autoimun Vaskulitis. Dilansir Web MD jenis penyakit ini merupakan salah satu yang langka karena ada di bawah kulit. Selain itu Vaskulitis juga menyebabkan penderita autoimun ini sulit hamil. 

Namun, lewat akun instagramnya presenter kelahiran tahun 1983 itu mengatakan bahwa setelah 8 tahun menunggu dan dirinya memperbaiki pola makan akhirnya ia berhasil hamil.

“Gak ada program khusus yang aku ikutin.. tapi memang lifestyle aku berubah sejak sakit autoimmune.. gak lagi mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung pengawet, pewarna dan perasa. Pola makan diperbaiki.. dan pola pikir diperbaiki,” tulisnya.

Qory Sandioriva

Puteri Indonesia 2009 ini mengaku mengidap autoimun berjenis Lupus sejak 12 tahun lalu bahkan sebelum mengikuti ajang Puteri Indonesia dan Miss Universe.

Gejala-gejala yang dialami Qory itu pun sama seperti pengidap autoimun pada umumnya, antara lain sakit kepala hebat, persendian linu, kesemutan, nyeri di kulit dan tulang.

Kepada media di peluncuran logo baru Kusuma Beauty Clinic beberapa waktu lalu Qory mengaku dirinya didiagnosis terkena autoimun di usianya yang ke-23. 

Saat itu ia langsung mencari pengobatan ke luar negeri dari mulai Singapura hingga Korea Selatan. Selain gejala nyeri, Qory pun mengaku ruam-ruam di sekujur tubuhnya, selain itu konsumsi obat jenis steroid sempat membuat berat  badannya mencapai 110 Kg beberapa tahun silam.

LEAVE A REPLY