Sandra Dewi melahirkan anak kedua

IDNEWS.CO.ID – Kabar bahagia datang dari Sandra Dewi dan sang suami, Harvey Moeis. Senin 2 September lalu, Sandra Dewi melahirkan putra keduanya yang diberi nama Mikhail Moeis. 

Dalam unggahan di instagram pribadinya, Sandara Dewi menceritakan bagaimana proses perjuangannya saat melahirkan putra keduanya itu. Sandra Dewi menyebut bahwa bayinya sempat mengalami posisi kepalanya belum ke bawah atau sungsang. 

Bukan hanya Sandra Dewi saja, sungsang sendiri merupakan kondisi yang umum dialami oleh beberapa ibu hamil di usia kehamilan 35-36 minggu. Meski begitu, Anda masih bisa memiliki harapan untuk mengubah posisi bayi dan melahirkannya secara normal. 

Ada beberapa teknik alami yang dapat membantu Anda mengubah posisi bayi.  Jika bayi Anda berubah tanpa bantuan medis, itu disebut versi cephalic spontan.

Meski tidak banyak bukti bahwa teknik ini efektif dan tidak membahayakan. Teknik ini bisa dicoba pada usia kehamilan setelah 34 minggu sebelum kelahiran. 

Berkaca dari Sandra Dewi, berikut ini beberapa teknik yang bisa Anda coba untuk mengubah bayi sungsang secara alami. 

Buat gerakan dengan posisi lutut-ke-dada

Buat gerakan dengan bagian bawah di udara, dan kepala serta bahu di lantai.  Tujuannya adalah memberi bayi lebih banyak ruang untuk berbalik.  Jangan biarkan paha menempel dan jaga jarak lutut Anda.  Pertahankan posisi ini selama sekitar 15 hingga 20 menit setiap hari.

Berbaringlah dengan pinggul sedikit terangkat  

Letakkan bantal di bawah pinggul dan tekuk lutut.  Letakkan bantal lain di bawah kepala Anda, sehingga Anda tidak telentang.  Ulangi dua kali sehari selama 10 hingga 15 menit sekaligus.  Coba lakukan ini ketika perut Anda cukup kosong dan saat bayi Anda aktif.

Terlepas dari semua upaya Anda, jika bayi Anda tetap dalam posisi sungsang pada 36 minggu, Anda akan dirujuk ke dokter kandungan yang akan mendiskusikan pilihan Anda dan membantu Anda memilih langkah terbaik berikutnya untuk Anda.

Jika Anda mengalami sakit punggung, nyeri panggul, atau nyeri pinggul selama kehamilan, bicarakan dengan bidan atau ahli fisioterapi sebelum mencoba teknik-teknik ini.  Dan jika Anda merasakan sakit pada titik mana pun, atau mulai merasa pusing, hentikan dan tanyakan kepada petugas medis sebelum mencoba lagi.

Sebelumnya Sandra Dewi pun bercerita tentang kegundahannya sebelum persalinan di Instagram. Sandra Dewi menceritakan posisi anak keduanya sempat sungsang di dalam kandungan menjelang persalinan.

“Sampai minggu ke 37 weeks Mika posisi kepalanya blum balik kebawah (sungsang), kemudian saya & suami novena Tiga Salam Maria. Kl Mika memang mau lahir caesar/normal terserah Mika & Tuhan, krn buat saya lahir caesar/normal terserah dari anaknya & krn normal & caesar sama sama penuh perjuangan,” tulis Sandra Dewi di Instagram.

Sandra Dewi kemudian melanjutkan, bahwa keajaiban datang. Di usia kehamilan Sandra Dewi yang memasuki 38 minggu posisi Mika kembalo dengan kepala di bawah. 

“kemudian doa saya terjawab di 38 minggu, Mika posisinya balik dgn kepala di bawah & artinya dia maunya normal & siap buat persalinan normal seperti kakaknya. Ini jg dibantu oleh ibu @lannykuswandi & accupressure dr suhu Hendra dr @provclinic untuk afirmasi kepada janin. Krn saya percaya mereka sudah memilih jalan lahir mereka sendiri. Krn @raphaelmoeis jg saya rencanakan lahir caesar tetapi dia milih lahir normal sehari sebelum saya rencanakan operasi caesar. 

Terima kasih kepada dokter kandungan saya yg plg saya percaya dr kehamilan pertama sampai kedua Dokter Azen Salim yg sangat support & melakukan yg terbaik buat saya & Mika selama persalinan, juga Dokter @drrina.id yg sudah melakukan observasi & hasilnya Mika semua sehat & baik, juga Dokter Sander, dokter anak Rafa & Mika yg selalu rutin mengontrol kesehatan Rafa & Mika.. Terima kasih Bapa yg ada di Surga, Yesus Kristus & Bunda Maria yg sudah mengabulkan doaku, persalinan & bayi yg sehat dan normal.. Terima kasih juga buat semua pihak yg sudah melakukan yg terbaik buat saya,” tulis Sandra Dewi. 

LEAVE A REPLY