Mobil klasik Mercedes-Benz 1973 W116 tipe 450 SEL V8 automatic bekas Gus Dur.

IDNEWS.CO.ID – Sebuah mobil Mercedez Benz berwarna hitam dengan nomor polisi B 1312 XH mencuri perhatian pengunjung Jambore Nasional Mercedez Benz ke-14 yang digelar di Candi Prambanan dari 6 sampai 8 Desember 2019.

Mobil jenis sedan ini yaitu bekas kendaraan pribadi punya Presiden RI ke-4, KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur. Mobil bekas punya Gus Dur ini dipertunjukkan di ruang pribadi dan tak masuk bersama ribuan mobil produksi Jerman yang lain.

Pemilik Mercedez Benz bekas punya Gus Dur ini, Levi Rici mengatakan dirinya yaitu pemilik ketiga mobil seri classic Mercedes-Benz 1973 W116 tipe 450 SEL V8 automatic itu. Sebelumnya, mobil itu sempat berubah menjadi punya salah seorang kerabat dekat Gus Dur.

“Aku beli tahun 2012. Mobil ini interiornya masih seperti aslinya. BPKB dan STNK nya masih atas nama KH. Abdurahman Wahid atau Gus Dur,” kata Levi, diambil Minggu (8/12/2019).

Anggota Mercedez Benz Classic Surabaya ini menyatakan jika mobil itu ditebusnya seharga Rp300 juta. Levi mengatakan sampai saat ini situasi mobil masih original seperti saat dibeli Gus Dur.

Biarpun demikian, Levi menyatakan sempat melakukan renovasi mesinnya. Pasalnya mesin mobil mati saat dilakukan diperputaran mesin rendah dan mesti dikendarai dengan putaran mesin yang tinggi.

Levi mengatakan mobil Mercedez Benz bekas punya Gus Dur ini cuma dikendarai Gus Dur di sekitaran Jawa Timur saja.

“Jadi bukan mobil dinas tetapi mobil pribadi Gus Dur. Biasa dimanfaatkan bila Gus Dur pulang ke pesantren (Pondok pesantren Tebu Ireng),” ujar Levi.

Levi menambahkan selama ini mobil bekas punya Gus Dur ini jarang dimanfaatkan olehnya. Cuma adakalanya saja mobil bekas punya Gus Dur ini dipakainya menginjak aspal jalan.

Saat memiliki mobil bekas punya Gus Dur ini, Levi selalu rasakan nyaman dan tenang saat mengendarainya. Levi pula menyatakan tak sempat ada pengalaman aneh yang dirasakannya selama memiliki dan mengemudikan mobil itu.

“Saat memiliki mobil ini dan berulangkali mengendarainya, aku selalu rasakan nyaman, seneng dan tenang saja. Tidaklah ada pengalaman aneh aneh dengan mobil ini,” papar Levi. (ach)

LEAVE A REPLY