Ustaz Abdul Somad. Foto: Pepnews.com

IDNEWS.CO.ID – Banyaknya pengungsi dari Wamena ke Jayapura sejak kegaduhan pecah pada 23 September 2019 lalu mencapai ribuan orang. Tidak hanya tinggal di posko yang disediakan, sejumlah pengungsi pilih kembali lagi kampung halamannya di luar Papua.

Banyak penduduk Bugis, Makassar, Minang, Jawa di Wamena memutuskan pulang ke kampung halamannya karena trauma atas aksi yang menyebabkan sejumlah korban jiwa, perusakan dan pembakaran harta benda. Bab peristiwa itu, Ustaz Abdul Somad alias UAS ajak mereka untuk bangun. Ia meminta pada rakyat Indonesia untuk mendukung para korban Wamena.

“Bikin posko-posko, tolong saudara, untuk modal, untuk upaya.” katanya dalam video yang diangkat dalam akunnya di Instagram.

Menurut UAS, tragedi berdarah itu akan menghidupkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan dari berbagai suku, terutama yang berubah menjadi korban. Ia juga mengakui turut mendoakan para korban. UAS pun kembali ajak pada siapa juga untuk mendukung, baik berbentuk uang atau doa.

“Bangkitlah saudaraku orang Makassar, Bugis, Minang, Jawa yang di perantauan. Sukar memang, namun bangkitlah, jangan pernah menyerah. Kami dari jauh turut mendoakan. Saudara-saudaraku dimana juga di Nusantara yang dapat membantu, membantu dengan uang, yang tak dapat (dengan uang) dengan doa, doakan dari jauh,” katanya.

Ia mengatakan walaupun berlainan suku, akan tetapi kita jadikan satu oleh kemerdekaan. Diluar itu, untuk para Muslim pun jadikan satu dengan kalimat laa ilaha illallah, sedangkan yang tidak satu agama, jadikan satu oleh Pancasila hingga mesti sama-sama mendukung.

Seperti diketahui, banyaknya pengungsi dari Wamena ke Jayapura sampai Rabu, 2 Oktober 2019 mencapai 8.051 orang. Beberapa dari mereka ada yang tetap tinggal di posko sembari tunggu keadaan di Wamena kembali aman dan aman untuk kembali. Sesaat sejumlah pengungsi pendatang pilih pulang ke kampung halamannya.

Walau demikian, sejumlah pengungsi mengakui pingin kembali lagi Wamena. Pertimbangannya, karena mereka miliki upaya atau kerja disana.(ndi)

LEAVE A REPLY