Honda Estilo

IDNews.co.id – Bagi pemilik mobil jadul lansiran 1990-an seperti Honda Civic Estilo, Mitsubishi Lancer, dan jenis yang lain sering beranggapan kalau bengkel resmi tak akan terima servis. Mengingat mobil itu sudah tak akan diproduksi pabrikan, jadi otomatis suku cadang tak akan ada.

Tapi, asumsi itu tidak benar, sebab bengkel resmi Honda masih terima pembelian suku cadang dan servis, seperti di Honda Pondok Indah, Jakarta Selatan. Ali salah satunya servis advisor, mengatakan, masih terima servis mobil lawas dan biayanya sama juga dengan mobil baru.

“Kalau ketersediaan suku cadang, kami mesti melihat dahulu kode partnya di komputer. Sebab, bila ketersediaan di Honda Prospect Motor tidak ada kami tidak dapat pesan ke Jepang karena tidak ada aksesnya, ” katanya.

Lanjut dia, tidak ada pula syarat-syarat spesial masih sama juga dengan mobil baru tinggal datang ke bengkel saja, nah bila HPM masih stok parts yang diperlukan segera order. Sedangkan, untuk syarat-syarat order parts, customer mesti DP 50 persen, untuk meyakinkan jadi beli parts itu.

“Kalau parts yang sulit di cari itu biasanya tahun 80-an dan 90-an seperti suspensi depan belakang, speedometer itu agak sulit. Tapi bila komponen didalam mesin biasanya ada, makanya kita mesti input kode number partnya dahulu di komputer untuk melihat, ” tuturnya.

Sambung dia, ada pula berapa komponen yang substitusi dari model baru biasanya filter oli, kampas rem, dan semacamnya. Jadi untuk parts begitu tidak terus-terusan mesti bawaan mobilnya, terkecuali lampu-lampu, speedometer, dashboard dan semacamnya. (ndi)

LEAVE A REPLY