Ilustrasi pengguna skuter listrik. Foto: Merdeka.com

IDNEWS.CO.ID – Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta sah melarang skuter listrik lewat di jalan raya Ibu Kota.

“Operator perlu bekerja cuma di kawasan privat atau spesifik, setelah mendapatkan izin dari pengelola kawasan. Seterusnya untuk operasional di jalan raya, itu tidak dibolehkan,” kata Kepala Dishubtrans DKI Jakarta Syafrin Liputo, di kawasan fX Sudirman, Jakarta, Jumat, 22 November 2019.

Kehadiran skuter listrik di jalan raya di yakini amat membahayakan buat pengguna dan pengemudi lain, akhirnya skuter listrik dilarang di jalan raya. Ditambah lagi, skuter listrik hingga saat ini belum punyai standar keamanan privat manfaat melindungi pengguna. “Sekalian menanti peraturan, ini yang kita menyepakati untuk digerakkan,” ujarnya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusuf menambahkan, kawasan spesifik yang sementara dibolehkan memakai skuter listrik merupakan pusat perbelanjaan, stadion dan taman. Namun hal tersebut harus izin pengelola tempat itu.

Ia memperingatkan, siapa saja yang menggunakannya ke jalan raya akan ditindak. Polisi akan beri salam pengguna jika meluncur di jalan raya. Oleh karena itu, dia mengatakan faksinya akan santer mengamati skuter listrik di jalan raya mulai Senin, 25 November 2019. Tapi larangan skuter listrik berkendara di jalan raya sudah dilakukan sejak ini hari.

“Bila sudah ditegur masih kokoh pun, kita melakukan tindakan yudisial, jadi kita tindak dengan tindakan kita. Tindakan tegas kita. Umpamanya ditilang atau sebagainya. Saat ini sudah dilarang dilakukan di jalan umum, kalaupun untuk kawasan spesifik, saat yang punyai kasih izin ya silakan,” kata Yusuf. (fat)

LEAVE A REPLY