Ilustrasi Gedung KPK

IDNEWS.CO.ID – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) angkat bicara terkait beredarnya rekaman CCTV yang diduga terjadi disalah satu ruangan di Gedung Merah Putih KPK.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pengumpulan bukti-bukti perkara dugaan ‘buku merah’ itu sudah diberikan ke faksi kepolisian sejak lama.

“Proses penyelidikan clausal 21 sedang dilakukan oleh polri. Polda metro sudah pernah periksa penyidik KPK dan sudah kami fasilitasi untuk dilakukan pengecekan,” kata Febri pada wartawan di KPK, Jumat (18/10/2019).

“Sudah pernah dilakukan penyitaan buku berwarna merah dan barang untuk bukti lain seperti rekaman CCTV,” sambungnya.

Diluar itu, internal KPK pun sudah kerja untuk menginvestigasi dugaan pelanggaran etik dalam pengrusakan barang untuk bukti perkara korupsi.

“Buat peristiwa sekitar tanggal 7 April tahun 2017 yang lalu itu, team pemeriksa internal KPK sudah kerja. Tapi realisasi pengecekan itu belum tuntas dilakukan karena 2 orang penyidik KPK yang berasal dari POLRI, itu kembali lagi Polri karena mendapatkan penempatan disana,” tukasnya.

Bab kebenaran rekaman CCTV yang beredar terjadi diruang paduan lantai 9 Gedung Merah Putih KPK, Febri tak pengin menjelaskan terperinci lantaran proses hukum tengah berhajan di kepolisian.

“Mungkin lebih baik saya tidak mengkonfirmasi terkait dengan intisari itu, karena proses penyelidikan masih berjalan di Polda Metro Jaya,” ungkapnya.

“Serta salinan CCTV itu tadi saya cek pun ke sisi pemeriksa internal, salinan CCTV itu pun sudah sudah pernah disampaikan sebelumnya ke faksi Polri untuk kebutuhan pengecekan selanjutnya,” sambungnya menekankan. (fat)

LEAVE A REPLY