Ilustrasi menerapkan PSBB di wilayah Jakarta Selatan | Viva.co.id

IDNEWS.CO.ID – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hari ini memperpanjang masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) masa transisi di Ibu Kota. “PSBB diperpanjang selama 14 hari ke depan,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, dalam konferensi pers di Balai Kota, Rabu 1 Juli 2020.

Perpanjangan PSBB transisi ini berlaku mulai Kamis besok, 2 Juli, sampai 16 Juli 2020. Dengan demikian, sudah lima kali Pemprov DKI Jakarta berlakukan PSBB untuk memutus rantai penularan virus corona (Covid-19) yang relatif masih tinggi walau trennya menurun.

Dua dari 5 kali pemberlakuan PSBB itu disebut Anies sebagai masa transisi. Bedanya dengan tiga PSBB sebelumnya, di masa transisi ini Pemprov DKI melonggarkan sejumlah aturan, seperti membolehkan mal, restoran, hingga tempat ibadah dibuka kembali namun harus menerapkan protokol kesehatan cegah covid-19.

Pemprov DKI kali pertama mulai menerapkan PSBB selama 14 hari, yaitu selama 10 hingga 23 April 2020. Kemudian, PSBB diperpanjang dari 24 April hingga 21 Mei 2020. Begitu pula PSBB kali ketiga mulai 22 Mei sampai 4 Juni 2020.

Lalu Gubernur Anies mengumumkan perpanjangan lagi di awal Juni, kali ini dia sebut PSBB transisi. Berlaku mulai 5 Juni hingga 1 Juli 2020. Kini, PSBB masa transisi itu diperpanjang lagi dari tanggal 2 hingga 16 Juli 2020.

Untuk itu, Anies meminta masyarakat menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah virus corona. “Bahwa secara umum masih perlu peningkatan kedisiplinan masyarakat. Satu penggunaan masker, dua mencuci tangan, ketiga menjaga jarak. Ini perlu di tingkatkan,” katanya. (fat)

LEAVE A REPLY