Salat tahajud.

IDNews.co.id – Sholat tahajud menjadi sholat sunnat yang dilakukan saat malam hari atau lebih bagusnya sekali lagi pada sepertiga malam setelah terbangun dari tidur. Hukum melakukan sholat tahajud yaitu sunnat muakkad, yang artinya sangatlah disarankan atau mendekati mesti.

“Dan pada beberapa malam hari, sembahyang tahajjudlah anda sama seperti beribadah penambahan bagimu, semoga Tuhan-mu mengangkat anda ketempat yang terpuji. ” (QS : Al-Isra, ayat 79)

Allah akan memberikan pahala yang besar pada hamba-Nya yang melakukan tahajud. Tak cuma itu, Allah juga berjanji akan mengampuni dosa hamba-hamba-Nya yang memohon ampunan saat malam hari saat sebelum fajar tiba.

Namun banyak umat Muslim yang melalaikan tahajud dan bahkan tidak sempat sekalipun mengerjakannya dengan dalih sunnat. Diluar itu, malas dan susah bangun pada malam hari seringkali jadi penyebabnya beberapa orang tidak melakukan sholat tahajud. Padahal tahajud itu hukumnya mendekati mesti dan melakukannya dapat tingkatkan derajat iman dan taqwa seorang Muslim di hadapan Allah.

Untuk yang menginginkan melakukan sholat tahajud tapi merasa berat karena susah bangun, Wow Menariknya coba memberikan sedikit panduan supaya anda dapat bangun saat malam hari untuk melakukan tahajud.

1. Miliki kemauan dulu

Kemauan yaitu hal pertama dan paling terutama yang perlu anda punya saat sebelum melakukan sholat tahajud. Kemauan ini mesti sudah ada pada hati anda sejak siang atau saat sebelum tidur. Tanamkan kemauan yang kuat dalam hati kalau anda menginginkan melakukan sholat tahajud kelak malam. Tanpa ada kemauan, tidak mungkin anda dapat bangun untuk melakukan tahajud.

2. Tidur lebih awal

Jika menginginkan bangun saat malam hari, yakinkan anda tidur lebih awal, sekitar jam 7 atau 8 malam. Jika terasa susah tidur awal-awal, paksakan dahulu dan anda sebelumnya jangan tidur siang dahulu. Tidur lebih awal yaitu solusi supaya anda tidak terasa berat kala bangun pada larut malam kelak.

3. Nyalakan alarm

Karena anda belum punya kebiasaan bangun pada larut malam, gunakan alarm pada telephone seluler atau jam untuk menolong membangunkan anda di saat tahajud. Yakinkan pakai suara alarm yang keras supaya anda segera bangun kala mendengarnya kelak.

4. Berdoa

Sebelum tidur, yakinkan anda berdoa pada Allah kalau anda menginginkan dibangunkan kelak pada larut malam untuk melakukan sholat tahajud. Dengan berdoa, anda sudah perlihatkan kalau anda bersungguh-sungguh menginginkan melakukan tahajud supaya dosa-dosa anda diampuni.

Tersebut sebagian panduan supaya anda tidak berat bangun saat malam hari untuk melakukan tahajud. Meskipun beberapa cara diatas sudah dilakukan, tapi belum pasti anda dapat dengan mudah bangun. Butuh perjuangan dan paksaan pertamanya, kelak bila sudah umum, anda akan terbangun dengan sendirinya, bahkan tanpa dukungan alarm.(ndi)

LEAVE A REPLY