Menghitung hari ketika bayi Anda mulai berkembang dan mencatat tanggal kehamilan Anda sanggup menjadi tantangan. Perkembangan kehamilan dihitung dari hari pertama menstruasi normal terakhir Anda, meski ketika itu belum ada perkembangan janin atau bahkan konsepsi sekalipun. Kehamilan dihitung dari hari ini alasannya setiap kali seorang perempuan mempunyai menstruasi, tubuhnya sedang mempersiapkan kehamilan.

Informasi berikut dipakai sebagai panduan umum untuk pengembangan kehamilan yang sehat, walaupun perkembangannya sanggup bervariasi alasannya kesehatan ibu atau salah perhitungan ovulasi. Usia gestasional yaitu usia kehamilan dari periode menstruasi normal terakhir (LMP), dan usia janin yaitu usia sebetulnya dari bayi yang sedang tumbuh.

Sebagian besar rujukan ihwal kehamilan biasanya pada usia kehamilan daripada perkembangan usia janin, tapi kita sudah termasuk keduanya sehingga terang perkembangan tahap berapa. Pengukuran akan diberikan secara panjang lebar dari kepala hingga kaki, namun setiap kehamilan sanggup berbeda dalam ukuran berat dan panjang, dan ini hanya fatwa umum.

Kehamilan juga dibagi menjadi trimester yang berlangsung sekitar 12 – 14 ahad per masing-masing periode. Serupa dengan perkembangan, ini sanggup dihitung dari tanggal yang berbeda sehingga tidak semua perhitungan trimester akan sama. Informasi berikut akan membagi tahap perkembangan janin dalam hitungan trimester dan juga dalam hitungan minggu.

Trimester pertama yaitu ahad 1 hingga simpulan ahad ke 13 dan terdiri dari tanggal 1, 2 dan 3 bulan. Trimester kedua biasanya berakhir sekitar ahad ke 26 dan terdiri dari bulan-bulan ke 4, 5 dan 6. Trimester ketiga sanggup berakhir di mana saja antara ahad ke 38 – 42 dan merupakan tanggal kehamilan ke 7, 8 dan 9.

Fase Trimester

  1. Tahap Perkembangan Janin Trimester Pertama
  2. Tahap Perkembangan Janin Trimester Kedua
  3. Tahap Perkembangan Janin Trimester Ketiga

Fase Mingguan:

  1. Kehamilan Minggu Pertama
  2. Kehamilan Minggu Kedua
  3. Kehamilan Minggu Ketiga