Minggu 14 hingga 16 – Usia Gestasional (usia janin – Minggu 12 hingga 14):
Kulit transparan janin dan rambut halus yang disebut lanugo mulai terbentuk di kepala. Janin mulai mengisap dan menelan sedikit cairan ketuban. Sidik jari yang mengindividualisasikan setiap insan kini telah berkembang pada jari-jari mungil janin. Mekonium dibentuk di susukan usus dan akan terbentuk menjadi gerakan usus bayi pertama.

Denyut mungkin terasa di perut ibu, alasannya janin mulai bergerak lebih banyak. Kelenjar keringat telah berkembang, hati dan pankreas menghasilkan sekresi cairan. Janin telah mencapai 6 inci panjangnya dan beratnya sekitar 4 ons.

Minggu 17 hingga 20 – Usia Gestasional (Usia janin – Minggu 15 hingga 18):
Bayi telah mencapai titik di mana gerakannya sudah dirasakan lebih sering oleh sang ibu. Alis dan bulu mata tumbuh, dan kuku kecil mulai tumbuh di jari tangan dan kaki. Kulit janin mengalami banyak perubahan dan mulai menghasilkan vernix pada ahad kedua puluh.

Vernix ialah zat pucat putih yang menutupi kulit janin untuk melindunginya dari cairan ketuban. Denyut jantung janin dapat didengar oleh stetoskop sekarang. Janin telah mencapai panjang 8 inci dan beratnya sekitar 12 ounces.

Minggu 21 hingga 23 – Usia Gestasional (Usia Janin – Minggu 19 hingga 21):Lanugo kini menutupi seluruh badan janin. Janin mulai mempunyai tampilan bayi yang gres lahir alasannya kulit menjadi kurang transparan sementara lemak mulai berkembang.

Semua komponen mata dikembangkan. Hati dan pankreas bekerja keras untuk berkembang sepenuhnya. Janin telah mencapai sekitar 10-11 inci panjangnya dan beratnya sekitar 1 – 1 ¼ pound.

baca juga : Tanda-tanda Awal Kehamilan

Minggu 24 hingga 26 – Usia Gestasional (Usia Janin – Minggu 22 hingga 24) – Mulai trimester ketiga:
Jika bayi Anda dilahirkan sekarang, dia dapat bertahan dengan proteksi teknologi medis. Janin telah menyebarkan siklus tidur dan berdiri dan ibu akan mulai memperhatikan kapan siklus itu terjadi. Janin mempunyai reflek yang mengejutkan, dan kantung udara di paru-paru sudah mulai terbentuk.

Otak akan berkembang dengan cepat selama beberapa ahad ke depan. Sistem saraf telah berkembang cukup untuk mengendalikan beberapa fungsi. Janin telah mencapai sekitar 14 inci panjangnya dan beratnya sekitar 2 ¼ pound.

Baca juga: Tahap Perkembangan Janin dalam Kandungan