Minggu 1 & 2 – Usia Gestasional
Masa menstruasi Anda gres saja berakhir, dan badan Anda bersiap untuk ovulasi. Bagi kebanyakan wanita, ovulasi berlangsung sekitar 11 – 21 hari semenjak hari pertama dari menstruasi terakhir. Saat bersenggama, beberapa ratus juta sperma dilepaskan di vagina. Sperma akan berjalan melalui serviks dan masuk ke tuba falopi.

Jika pembuahan terjadi, sperma menembus telur dan membuat satu set dari 46 kromosom yang disebut zigot, yang merupakan dasar bagi insan baru. Telur yang dibuahi menghabiskan beberapa hari perjalanan melalui tuba falopi menuju rahim, terbagi menjadi sel; itu disebut morula. Morula menjadi blastokista dan alhasil akan berakhir di rahim. Di hari ke 6-12 sesudah pembuahan, blastokista akan masuk ke lapisan rahim dan memulai tahap embrio.

Minggu ke 3 – Usia gestasional (perkembangan janin – ahad ke 1)

Embrio ini mengalami banyak pertumbuhan dasar dikala ini, dengan perkembangan awal otak, sumsum tulang belakang, jantung, dan akses cerna.

Minggu 4 & 5 – Usia Gestasional (Perkembangan Janin – Minggu 2 & 3)

Kuncup lengan dan kaki terlihat, namun tidak dapat dibedakan secara jelas. Jantung kini berdetak dengan irama yang mantap. Plasenta mulai terbentuk dan menghasilkan beberapa hormon penting termasuk hCG. Ada pergerakan darah yang belum tepat melalui pembuluh utama. Struktur awal yang akan menjadi mata dan indera pendengaran terbentuk. Embrio itu ¼ inci panjangnya pada tamat ahad ini.

Minggu ke 6 – Usia Gestasional (Perkembangan Janin – Minggu ke 4)

Pembentukan paru-paru, rahang, hidung, dan langit-langit mulai sekarang. Tangan dan kaki tunas mempunyai struktur berselaput yang akan menjadi jari tangan dan kaki. Otak terus terbentuk menjadi bab yang kompleks. USG vagina mungkin dapat mendeteksi detak jantung yang terdengar dikala ini. Embrio sekitar ½ inci panjangnya.


baca juga : Tanda-tanda Awal Kehamilan

Minggu ke 7 – Usia Gestasional (Perkembangan Janin – Minggu ke 5)

Pada usia gestasi 7 minggu, setiap organ penting mulai terbentuk di badan mungil bayi, meski masih mempunyai berat kurang dari sebutir aspirin. Folikel rambut dan puting susu terbentuk, dan kelopak mata dan pengecap sudah mulai terbentuk. Siku dan kaki lebih terlihat dikala embrio mulai meluruskannya.

Minggu ke 8 – Usia Gestasional (Perkembangan Janin – Minggu ke 6)
Telinga terus terbentuk secara eksternal dan internal. Segala sesuatu yang hadir pada insan remaja kini hadir dalam embrio kecil. Tulang mulai terbentuk, dan otot dapat berkontraksi. Fitur wajah terus matang, dan kelopak mata kini lebih berkembang. Embrio kira-kira panjangnya 1 inci dan berukuran sebesar kacang.

baca juga : Tahap Perkembangan Janin dalam kandungan 

Minggu 9 hingga 13 – Usia Gestasional (Perkembangan Janin – Minggu 7 hingga 11)
Pada 10 minggu, embrio berada pada tamat periode embrio dan memulai periode janin. Janin telah tumbuh sekitar 3 inci panjangnya dan beratnya sekitar satu ons. Genitalia telah terbentuk dengan terang menjadi laki-laki atau wanita, namun tetap tidak terlihat dengan terang dikala USG. Kelopak mata menutup dan tidak akan dibuka kembali hingga ahad ke 28 kehamilan. Janin dapat membuat kepalan tangan, dan kuncup untuk gigi bayi muncul. Bagian kepala hampir setengah ukuran seluruh janin.