Ilustrasi lingkar pinggang.
Ilustrasi lingkar pinggang.

IDNEWS.CO.ID – Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah dan sangat sulit untuk mengendalikan lemak dalam tubuh. Metode penurunan berat badan konvensional, mengharuskan kamu untuk menerapkan pola makan sehat dan rutin berolahraga. Tapi ada satu kesalahan yang sering dilakukan banyak orang, yaitu mengabaikan satu jenis lemak tertentu. Padahal, jenis lemak ini dapat memperlambat penurunan berat badan kamu lho. 

Dilansir Times of India, meski lemak paling sulit untuk dihilangkan, namun tubuh kita memiliki jenis lemak khusus yang bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan dengan cepat. Lemak ini diketahui mampu mempercepat pembakaran kalori, meningkatkan metabolisme, dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan dengan cepat. 

Tapi sayangnya, lemak khusus ini hanya ada dalam jumlah kecil. Dan kamu harus mengaktifkannya untuk membantu menurunkan berat badan kamu. 

Tubuh kita terdiri dari sel-sel lemak dan yang paling umum ditemukan adalah sel-sel lemak putih, yang mengendap di sekitar perut, paha, dan bagian tubuh lain yang umumnya ditargetkan saat melangsingkan tubuh. Dan itu paling sulit untuk dihilangkan. 

Tidak seperti lemak putih, ada lemak cokelat yang biasanya terletak di leher, bahu dan lengan atas, yang mampu membakar kalori. Menurut penelitian, lemak cokelat dapat menghasilkan panas hingga 300 ratus kali lebih banyak daripada sel pembakar lemak lainnya. 

Untuk itu, jika kamu sedang mencari cara cepat untuk membakar lemak, cobalah untuk mengoptimalkan lemak cokelat yang ada dalam tubuh kamu, dengan cara melakukan olahraga selama 30 menit. Cara ini bisa mengaktifkan lemak cokelat di dalam tubuh kamu, membakar lemak dan glukosa ‘putih’ yang dapat menghangatkan tubuh. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di National Institutes of Health dan diterbitkan dalam jurnal Diabetes, kunci untuk mempercepat penurunan berat badan dengan memanfaatkan lemak cokelat di dalam tubuh kamu adalah dengan mengekspos tubuh pada suhu dingin, yang dapat mengaktifkan sel-sel lemak cokelat. 

Suhu dingin berfungsi untuk mengisi lemak cokelat, yang dapat menstabilkan metabolisme, meningkatkan MSP (Metabolic SetPoint) dan membantu menurunkan berat badan. Metabolic SetPoint adalah tingkat ketika otak mulai memperlambat aktivitas metabolisme kamu yang dapat menghambat hilangnya lemak, tidak seperti lemak putih yang memiliki pengeluaran energi yang sangat rendah kecuali jika dirangsang oleh faktor eksternal. 

Ketika lemak cokelat terisi, ini dapat meningkatkan MSP dan membuat tubuh kamu menjadi tungku pembakaran lemak, sehingga mampu membuat kamu membakar kalori tambahan. Selain itu, suhu dingin juga dapat membuat otak terangsang, membagikan dopamin dan berfungsi lebih baik untuk meningkatkan aktivitas di tingkat sel. 

Sebuah penelitian Jepang di tahun 2016 juga menyimpulkan bahwa orang yang menghabiskan waktu di suhu yang lebih dingin (3-5 derajat Celcius) mampu menstimulasi aktivasi lemak cokelat dan membakar lemak dengan cara yang lebih cepat daripada mereka yang menggunakan strategi penurunan berat badan secara teratur. 

Oleh karena itu, cara yang baik agar lebih mudah untuk membakar lemak adalah dengan berolahraga di suhu yang lebih dingin dibanding suhu yang lebih panas. Para ahli juga mengatakan, konsumsi makanan rendah karbohidrat dan tinggi protein juga dapat meningkatkan peluang kamu untuk mengaktifkan lemak cokelat, yang dapat mengoptimalkan penurunan berat badan, meskipun belum ada bukti yang mendukung hal yang sama. 

Selain itu, jika umumnya lemak putih dapat menghalangi aliran darah, lemak cokelat memiliki sifat membalikkan diabetes dan mengontrol glukosa. 

LEAVE A REPLY