Film Lima. Foto: Istimewa

IDNews.co.id – Sekjen Forum Nasional Bhinneka Tunggal Ika, Taufan Hunneman mengajak para anak muda Indonesia untuk menerapkan pancasila dalam realitas kehidupan sehari hari. Itu agar generasi milineal tidak menerapkan paham atau ideologi yang lain.

“Pancasila ini merupakan nilai luhur yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari sejak jaman nenek moyang kita. Jadi harus kita pertahankan dan terapkan,” ujar Taufan kepada IDNEWS di Jakarta, Selasa (5/6).

Untuk itu, bertepatan dengan hari lahir Pancasila bulan ini (Juni), Fornas bhinneka tunggal ika mengajak anak muda untuk menonton Film LIMA. Sebab film tersebut merupakan deskripsi dari realitas yang ada di Tanah Air ini.

Film ini menceritakan soal konflik yang diselesaikan dengan kesadaran akan pentingnya kehadiran nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat. Film ini berpesan agar pancasila dapat dijadikan pandangan hidup serta pedoman bertingkah laku sebagai anak bangsa.

Terlebih pada kondisi Indonesia yang saat ini sedang dihadapkan dengan kondisi dan situasi yang sulit. Di mana, kekuatan fundamentalis agama yang menggunakan kekerasan dan keinginan menganti dasar negara sudah mulai masuk.

“Kalau narasi ini dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan dasar negara ini akan berubah. Karena itu, menjadi sangat penting untuk kita menjaga dan merawat kebhinekaan ini,” tuturnya.

Dengan begitu, maka sangat diharapkan setiap insan masyarakat Indonesia, khususnya anak muda untuk lebih aktif dan berpartisipasi dalam menjaga NKRI, Pancasila dan keragaman budaya di Tanah Air ini. (ndi)

LEAVE A REPLY