Bagi perempuan yang mempunyai siklus menstruasi  teratur setiap bulan, ciri awal kehamilan yang paling sanggup mengemban amanah yaitu tidak datangnya menstruasi. Wanita yang sedang hamil adakala juga mengalami menstruasi ringan, hanya kehilangan sedikit darah.

Apakah Semua Wanita Mendapatkan Gejala Awal Kehamilan? 

Setiap perempuan berbeda. Begitu juga pengalamannya hamil. Tidak setiap perempuan mempunyai tanda-tanda yang sama atau bahkan tanda-tanda yang sama dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya.

Selain itu,  lantaran tanda-tanda awal kehamilan sering mirip dengan tanda-tanda menjelang dan selama menstruasi, banyak perempuan yang tidak menyadari bahwa mereka sedang hamil.

Berikut ini yaitu deskripsi beberapa tanda-tanda awal kehamilan yang paling umum. Anda harus tahu bahwa tanda-tanda ini mungkin disebabkan oleh hal lain selain hamil. Kaprikornus fakta bahwa Anda melihat beberapa tanda-tanda ini tidak berarti Anda hamil. Satu-satunya cara untuk memastikannya yaitu dengan tes kehamilan.

Tanda-tanda kehamilan ahad pertama

Setelah pembuahan, sel telur yang dibuahi melekat ke dinding rahim. Hal ini sanggup mengakibatkan salah satu tanda awal kehamilan – bercak dan terkadang kram.

Itu disebut pendarahan implantasi. Ini terjadi di mana saja dari enam hingga 12 hari sesudah sel telur dibuahi.
Kram mirip kram menstruasi, sehingga beberapa perempuan salah mengira bahwa pendarahan ini yaitu awal menstruasi. Namun, pendarahan dan kramnya hanya terjadi sedikit.

Selain pendarahan, seorang perempuan mungkin memperhatikan cairan putih dan susu dari vaginanya. Hal itu terkait dengan penebalan dinding vagina, yang dimulai segera sesudah pembuahan. Meningkatnya pertumbuhan sel yang melapisi vagina mengakibatkan pelepasan.

Pelepasan ini, yang sanggup berlanjut selama kehamilan, biasanya tidak berbahaya dan tidak memerlukan perawatan. Tetapi bila ada bacin kedaluwarsa yang berkaitan dengan pelepasan atau sensasi terbakar dan gatal, hubungi dokter supaya mereka sanggup menilik apakah Anda mempunyai ragi atau infeksi bakteri.

Perubahan payudara

Perubahan payudara merupakan tanda awal kehamilan lainnya. Tingkat hormon perempuan cepat berubah sesudah konsepsi. Karena perubahannya, payudaranya sanggup menjadi bengkak, sakit, atau menggeliat satu atau dua ahad kemudian. Atau payudara mungkin merasa lebih berat atau lebih penuh atau merasa lembut ketika disentuh. Daerah di sekitar puting susu, yang disebut areola, juga sanggup menjadi gelap.

Hal lainnya sanggup mengakibatkan perubahan payudara. Tapi bila perubahan itu yaitu tanda-tanda awal kehamilan, ingatlah bahwa akan memakan waktu beberapa ahad untuk terbiasa dengan kadar hormon baru. Tapi sesudah tubuh terbiasa, nyeri di payudara harusnya juga mereda.

Kelelahan
Merasa sangat lelah yaitu normal pada kehamilan, bahkan semenjak awal kehamilan. Seorang perempuan sanggup mulai merasa kelelahan yang tidak biasa begitu kehamilan memasuki satu minggu. Mengapa? Ini sering dikaitkan dengan hormon tingkat tinggi yang disebut progesteron, walaupun hal-hal lain mirip kadar gula darah rendah, tekanan darah rendah, dan dorongan produksi darah  juga sanggup menawarkan kontribusi.

Jika kelelahan berafiliasi dengan kehamilan, penting untuk beristirahat. Mengkonsumsi makanan yang kaya protein dan zat besi sanggup membantu mengimbanginya.

Baca lebih lanjut ihwal kelelahan pada kehamilan.

Mual (Morning Sickness)
Morning sickness yaitu tanda-tanda kehamilan yang terkenal. Tapi tidak setiap perempuan hamil mengalaminya. 
Penyebab pastinya morning sickness tidak diketahui tapi hormon kehamilan mungkin berkontribusi terhadap tanda-tanda ini. Mual selama kehamilan sanggup terjadi kapan saja tapi paling sering di pagi hari.

Juga, beberapa perempuan mendambakan, atau tidak tahan, makanan tertentu ketika mereka hamil. Itu juga terkait dengan perubahan hormon. Efeknya sanggup begitu berpengaruh sehingga bagi beberapa perempuan hamil, beberapa makanan yang biasa yaitu favorit sanggup menjadi menciptakan mual.

Rasa mual, ngidam, dan keengganan akan beberapa jenis makanan ini sanggup berlangsung selama  kehamilan. Namun untungnya, tanda-tanda tersebut biasanya berkurang banyak sekitar ahad ke 13 atau ke 14 kehamilan.
Sementara itu, pastikan untuk makan makanan sehat sehingga Anda dan bayi yang sedang berkembang mendapat nutrisi penting. Anda sanggup berbicara dengan dokter Anda untuk mendapat saran mengenai hal itu.

Baca lebih lanjut ihwal : mengatasi mual dan morning sickness pada kehamilan.

Jika Anda merasa skait dan mual sepanjang waktu, tidak sanggup melaksanakan apa-apa, maka hubungi dokter. Kondisi kehamilan  hiperemesis gravidarum (HG) yaitu kondisi serius yang mengakibatkan muntah parah dan membutuhkan perawatan.

Tidak Menstruasi

Gejala awal kehamilan yang paling terang – dan salah satu yang meminta kebanyakan perempuan untuk mendapat tes kehamilan  yaitu tidak menstruasi.  Namun menstruasi yang tidak tiba atau terlambat tersebut tidak semuanya disebabkan oleh kehamilan.

Selain itu, perempuan sanggup mengalami pendarahan selama kehamilan . Jika Anda hamil, tanyakan pada dokter Anda apa yang harus Anda waspadai dengan perdarahan. Misalnya, kapan pendarahan normal dan kapan itu menunjukan darurat?

Penyebab lain tidak tiba menstruasi selain kehamilan sanggup berupa peningkatan atau penurunan berat tubuh dalam jumlah yang banyak  Masalah hormonal, kelelahan, atau stres yaitu kemungkinan lain. Beberapa perempuan melewatkan masa menstruasi mereka ketika mereka berhenti minum pil KB . Tapi bila suatu ketika terlambat dan kehamilan yaitu suatu kemungkinan, Anda mungkin ingin mendapat tes kehamilan.

Gejala Awal Kehamilan lainnya

Kehamilan membawa perubahan pada keseimbangan hormon Anda. Dan itu sanggup mengakibatkan tanda-tanda lain yang meliputi:

  • Sering buang air kecil. Bagi banyak wanita, ini dimulai sekitar ahad keenam atau kedelapan sesudah pembuahan. Meskipun ini sanggup disebabkan oleh infeksi jalan masuk kemih, diabetes, atau penggunaan diuretik berlebihan, bila Anda hamil, kemungkinan besar lantaran kadar hormon.
  • Sembelit Selama kehamilan, kadar hormon progesteron yang lebih tinggi sanggup menciptakan Anda mengalami konstipasi. Progesteron mengakibatkan makanan lewat lebih lambat melalui usus. Untuk meringankan masalah, minumlah banyak air, olahraga, dan makan banyak makanan berserat tinggi.
  • Suasana hati berubah. Ini umum terjadi, terutama pada trimester pertama. Ini juga terkait dengan perubahan hormon.
  • Sakit kepala dan sakit punggung. Banyak ibu hamil sering melaporkan sakit kepala ringan, dan yang lainnya mengalami sakit punggung kronis.
  • Pusing dan pingsan. Ini mungkin terkait dengan pelebaran pembuluh darah, tekanan darah rendah , dan gula darah yang lebih rendah.

Jika tes kehamilan Anda yaitu negatif
Jika hasil tes anda positif, itu hampur selalu benar. Namun bila hasil tes negatif tetapi mengalami tanda-tanda di atas, tes Anda sanggup jadi kurang sanggup diandalkan. Tunggulah beberapa waktu lagi untuk melaksanakan tes. Mungkin seminggu dan coba lagi.