Sekjen Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Ratu Tisha Destria Foto: antara

IDNEWS.CO.ID – PSSI akan cari pelatih baru alternatif Simon McMenemy. Selanjutnya, pelatih baru itu dapat penuhi obyek dari federasi. Apa sasarannya?

PSSI sah mencoret Simon McMenemy dari bangku pelatih tim nasional Indoensia senior. Simon akan melakoni laga terakhir saat bertamu ke Malaysia pada matchday lima Penyisihan Piala Dunia 2022.

Pemecatan Simon mengejar sekelompok hasil jelek Indonesia pada set penyisihan Piala Dunia 2022. Tim Garuda selalu kalah dari empat laga yang sudah dimainkan di Kelompok G, dengan hasil itu Indonesia hampir diyakinkan gagal tampil ke Piala Dunia 2022.

Tiga laga sisa sudah tidak tentukan buat Indonesia melesat ke Qatar 2022. Tapi demikian, federasi tetap tuntut pelatih baru kelak dapat mencapai hasil bagus.

“Timnas Indonesia mesti berbenah karena itu akan pengaruhi perform, tak bisa enjoy saat kalender FIFA matchday pada 2020 dan 2021,” kata Sekjen PSSI, Ratu Tisha, di Jakarta, Senin (11/11/2019).

“Kelak saat pelatih baru ada, tersisa tiga laga. Kompetisi setelah itu itu Maret dan Juni 2020. Itu bertepatan dengan FIFA Matchday, jadi mesti siap,” dia menambahkan.

Meskipun sudah diyakinkan gagal ke Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia masih punyai obyek lain ialah lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Jadi informasi, hasil Penyisihan Piala Dunia 2022 pula digunakan untuk tentukan kelolosan ke Piala Asia 2023.

Indonesia memiliki hak ikuti set play-off Penyisihan Piala Asia 2023 jika sukses tempati posisi empat Kelompok G.

Waktu ini, Indonesia ada di posisi kelima atau basic klasemen Kelompok G Penyisihan Piala Dunia 2022. Indonesia yang tidak memiliki poin sekarang miliki jarak tiga angka dari Malaysia di posisi keempat.

Ada dua nama calon pelatih Timnas Indonesia ialah Luis Milla dan Shin Tae-Yong. Milla sudah pernah bawa Timnas Indonesia U-23 melesat sampai perempatfinal Asian Games 2018, sementara Tae-Yong sudah pernah bawa Korsel tampil di Piala Dunia 2018. (ach)

LEAVE A REPLY