Telur ayam/kuning telur.

IDNEWS.CO.ID – Telur ayam merupakan makanan yang jadi favorit banyak orang, telur juga mudah diolah jadi berbagai menu makanan. Tak hanya itu, sebutir telur rebus juga kaya nutrisi. Namun berapa sih kalorinya?

Dilansir laman Extra Crispy, sebutir telur ayam mengandung protein komplet dan dipenuhi dengan nutrisi. Namun jumlah kalori dalam telur rebus tergantung pada ukuran telur itu sendiri.

Dikutip American Egg Board, sebutir telur ukuran besar mengandung 70 kalori. Semakin besar telur maka kandungan kalorinya pun makin tinggi. Beda lagi pernyataan United States Departement of Agriculture’s Food Composition Databases (USDA) menurutnya sebutir telur mentah berukuran besar memiliki 72 kalori. 

Jumlah kalori dalam telur sebenarnya tak cuma dihitung berdasarkan berat telur mentahnya saja, namun ada faktor lain yang bisa memengaruhi kandungan kalori dalam telur, yaitu cara memasak.

Baca juga: Jijik, Wanita Ini Rebus Celana Dalam Kotor Pakai Ketel Hotel.

“Berbeda cara masak, maka berbeda juga kadar kalorinya. Misalnya di goreng atau direbus, keduanya memiliki kadar kalori yang berbeda pula,” tulis penelitian tersebut.

Sebutir telur rebus memiliki 78 kalori, sedangkan telur goreng memiliki kandungan 90 kalori. Lalu terlalu banyak konsumsi telur berbahaya enggak sih?

Penasaran sama jawabannya? Saksikan saja tayangan Ayo Hidup Sehat (AHS) di tvOne Rabu 14 Agustus 2019 jam 13.00-14.00 WIB. Gak Sempet nonton di tv? AHS soal telur ayam rebus ini bisa kamu saksikan di laman ini. (ldp)

LEAVE A REPLY