Ilustrasi kanker payudara. Foto: Klikdokter

IDNews.co.id – Kanker payudara merupakan kanker yang tertinggi menyerang wanita. Di tahun 2013, sekitar 1, 6 juta masalah baru didagnosa di semua dunia dan lebih dari 500. 000 wanita meninggal karena penyakit ini.

Sebenarnya, keinginan hidup pasien kanker dapat 100 persen bila kanker ditemukan dalam fase yang dini. Staf medis dari Rumah Sakit Kanker Dharmais Dr. dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM, mengatakan, kanker payudara pertama perihal seseorang dikenali melalui tonjolan.

Yang wajib dilakukan pertama oleh pasien merupakan memeriksakannya lalu dilakukan diagnosis.

” Diagnosis meliputi apa macamnya dan stadiumnya. Caranya ada dengan biopsi, operasi, dan mesti diketahui dahulu macamnya lantas stadiumnya, ” jelas Nugroho dalam acara edukasi media di The Westin, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Nugroho menambahkan, dalam kanker payudara ada empat jenis yakni Luminal A, Luminal B, Her2-positif, dan Triple negatif. Yang terbaik merupakan kanker dengan jenis Luminal A. Dan, fase kanker payudara terbagi dalam 0-4 dan jadi tambah awal ditemukan, akan jadi tambah baik perjalanan pengobatannya.

” Bila sudah diketahui, dilakukan terapis. Pada Her2-positif sejauh ini terapinya dikasihkan dengan penyembuhan lokal dan sistemik, ” lanjut Nugroho.

Pada kanker fase awal, penyembuhan kanker dilakukan dengan prinsip melenyapkan kanker hingga sel terakhir. Biasanya pada fase awal, besarnya tonjolan berukuran 1-2 cm dan hilang dengan operasi.

Akan tetapi, terkadang ada sel yang masih dini akan tetapi sudah keluar dari tonjolan atau sel induknya. Sel ini masuk ke aliran pada tubuh dan itu sebagai obyek dalam pemberian penambahan terapis.

Pada kanker payudara fase 1-4, pengobatannya berbentuk sistemik atau terapis yang dimasukkan ke darah yang beredar ke semua badan, tujuannya untuk membunuh sel yang sudah keluar dari sel induk kanker. Hingga kanker tidak terlihat atau kambuh kembali.

” Arah terapis fase dini merupakan mencapai kesembuhan dan menghindar kekambuhan kanker. Fase dini bila tidak diobati atau penyembuhan kurang baik dapat jadi fase 4 atau kambuh, ” kata Nugroho.(ndi)

LEAVE A REPLY