Winnie the Pooh. Foto: Disney

IDNews.co.id – China menolak penayangan film terakhir Disney, Christopher Robin. Film ini merupakan live action dari karakter kesayangan, Winnie the Pooh, yang akan konsentrasi pada kisah Robin yang saat ini sudah berkeluarga dan punyai anak.

Menurut BBC, tidak ada alasan yang dijelaskan dalam ketetapan penolakan itu. Tetapi banyak pihak mempercayai, penolakan ini terkait karakter Pooh yang acapkali jadi bahan lelucon politik di negara itu. Pihak berwenang China diketahui sudah memblokir gambar-gambar terkait Pooh di social media sejak tahun lalu , sejak beruang ciptaan AA Milne ini jadi ikon perselisihan politik.

Di tahun 2013, pemimpin China, Xi Jinping sempat disamakan dengan Pooh dalam sebuah meme. Meme itu beredar setelah Xi nampak berjalan berdampingan dengan Barack Obama. Foto mereka itu dijajarkan dengan gambar Pooh dan Tigger dengan pose mirip.

Tidak berhenti disana, pada tahun 2014, Xi juga difoto saat berjabat tangan dengan PM Jepang, Shinzo Abe. Mata terpejam Xi yang tertangkap kamera lantas dipertemukan dengan gambar Pooh dan Eeyore yang serupa.

Meme-meme itu lantas jadi viral dan membuat pemerintah secara langsung melakukan sensor , memblokir foto -foto , GIF, dan cuitan terkait beruang lucu tersebut di social media. Bahkan juga di tahun 2015, sebuah foto yang memperlihatkan Xi dalam iring-iringan mobil dan disamakan dengan Pooh dengan mobil mainannya jadi foto sangat disensor di China, menurut perusahaan riset politik Global Risk Insights.

Pada bulan Juni, China juga menyensor komedian John Oliver dan web HBO setelah pembawa acara itu mengkritik Xi dan China dalam acara nya. Dia menyebutkan, Sang Presiden peka karena dibanding kan dengan beruang .

Global Risk Insight lantas menduga , sensor untuk semua perihal yang bersangkutan dengan Pooh tak terlepas dari jejeran lelucon itu. China merasa perbandingan-perbandingan itu sebagai suatu hal yang dapat menjatuhkan martabat kepresidenan dan Xi sendiri.

Selain itu, Christopher Robin di bintangi oleh Ewan McGregor dan akan tayang di Indonesia pada 21 Agustus 2018. (ndi)

LEAVE A REPLY