Ilustrasi badan kurus Foto: Genmuda.com

IDNEWS.CO.ID – Sebagian besar orang untuk memiliki bentuk tubuh ideal berarti harus menambah berat badan. Lantas bagaimana jika Anda sudah makan banyak namun badan tetap kurus? Inilah beberapa fakta kesehatan yang belum Anda ketahui, diantaranya:

Punya usus yang pendek

Apa kaitannya, seseorang yang makan banyak namun tetap kurus karena memiliki usus yang pendek. Ya, semakin panjang usus Anda maka semakin luas bidang penyerapan nutrisi sehingga banyak juga yang disalurkan ke organ tubuh lain.

Apabila usus pendek makanan pun cenderung banyak dibuang melalui proses defekasi (BAB). Nah makanya sebagian besar orang yang ingin diet selalu memilih metode potong usus atau pengecilan lambung supaya mudah kenyang.

Cacingan

Cacing yang menjadi penyebab cacingan tak hanya satu jenis, melainkan banyak. Dimana cacing hidup di usus dengan menyerap sari makanan, sehingga Anda menjadi kurus.

Stres

Stres pasalnya bisa memicu pola hidup kurang sehat, termasuk pola makan. Dan kondisi ini bisa saja menjadi penyebab Anda kesulitan meningkatkan berat badan.

Selain itu, berat badan Anda pula bisa sulit naik jika sedang menjalani pengobatan tertentu mulai dari kecanduan alkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang.

Mengidap penyakit kronis

Penyakit kronis yang terjadi dalam jangka waktu tertentu, bisa membuat berat badan Anda semakin menurun. Beberapa penyakit tersebut diantaranya infeksi tuberkulosis, diabetes, AIDS, kanker dan diabetes.

Terlalu banyak beraktivitas

Aktivitas fisik yang berlebihan ternyata bisa menjadi salah satu penyebab berat badan Anda susah naik. Ketika melakukan aktivitas fisik, maka tubuh membakar kalori lebih banyak. Maka tubuh Anda akan tetap kurus meski sudah mengkonsumsi banyak makanan.

Genetik atau keturunan

Faktor genetik bisa membuat seseorang mempunyai metabolisme cepat. Yang mana metabolisme berperan penting dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Maka hal ini yang menyebabkan seseorang tetap kurus meski sudah mengkonsumsi banyak makanan.

Bagi Anda yang sulit gemuk, jangan berkecil hati. Tetap melakukan olahraga dan atur pola makan Anda. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang telah menyimaknya. (ndi)

LEAVE A REPLY