Airbag di atap kaca pada mobil Hyundai.

IDNews.co.id – Kantung udara alias airbag standard pada mobil biasanya dipasang di sisi lingkar kemudi, dasbor, dan samping. Peranannya sudah pasti untuk mengurangi resiko cedera saat mobil mengalami bentrokan keras.

Pada mobil yang diberi lebih dari dua airbag, jadi beberapa orang didalam kabin akan memperoleh perlindungan lebih dari sisi bagian jok mobil, bahkan ada pula kantung udara yang memproteksi penumpang dari pecahan kaca kiri dan kanan saat terjadi tabrakan.

Bicara masalah fitur perlindungan penumpang jenis ini, produsen otomotif Hyundai coba melakukan inovasi dengan berikan perlindungan lebih. Ya, produsen mobil asal Korea Selatan ini akan menempatkan kantung udara di sisi atap.

Dilansir dari Carscoops, tetapi kantung udara yang disebut akan dipasang pada atap mobil Hyundai yang menggunakan kaca atau panoramic sunroof, bukanlah atap mobil standard. Fitur ini diklaim Hyundai sebagai yang pertama kalinya digunakan pada mobil.

Airbag yang dipasang pada panoramic sunroof tak bedanya dengan yang disematkan di bagian kiri dan kanan kaca mobil. Nanti balon gas itu akan melindungi penumpang saat mobil terbalik dan berisiko buat panoramic sunroof-nya pecah.

Sensor airbag akan dipasang dekat sisi kaca, hingga saat panoramic sunroof pecah, sensor akan memerintahkan airbag untuk mengembang dengan cepat mengembang manfaat melindungi penumpang di kabin. Airbag di atap kaca ini dapat mengembang kurun waktu 0, 08 detik dan tutup rata semua sisi atap.

Walau sudah meluncurkan informasi tentang fitur barunya itu, Hyundai masih malu-malu untuk mengatakan produk mobil yang nanti akan diberi airbag sunroof pertama di dunia.(ndi)

LEAVE A REPLY