Suasana bar dan restoran

IDNEWS.CO.ID – Sebuah hasil penelitian belum lama ini menjadi sorotan. Menurut studi yang dilakukan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), menyebutkan bahwa ada 3 tempat yang sangat berisiko tinggi dalam menularkan virus corona atau COVID-19.

“CDC baru saja keluar – Jika Anda membuat situs web mereka – dengan angka yang benar-benar akan memberi tahu Anda. Ini menunjukkan peluang risiko berbagai jenis situasi yang memberi Anda memiliki risiko penularan lebih tinggi,” ujar Dr Anthony Fauci, ahli imunologi dan penyakit menular terkemuka di dunia, dikutip Times of India, Jumat 25 September 2020.

“Ini menunjukkan kemungkinan risiko dari berbagai jenis situasi. Yang keluar dari gambar adalah restoran, bar dan gym,” lanjut dia.

Ya, sesuai dengan penelitian terbaru yang dilakukan oleh CDC, pergi ke tempat yang menawarkan makan dan minum di tempat, dikaitkan dengan kepositifan COVID-19 dua kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang negatif.

Baca juga: Wali Kota Tangerang Larang OTG COVID-19 Isolasi Mandiri di Rumah

Saat kamu makan di restoran atau pergi ke bar, kamu cenderung tinggal di dalam ruangan, di area yang berventilasi buruk, dengan orang lain di sekitar kamu.

Melakukan kontak dekat dengan pelayan atau staf lainnya, menyentuh barang (menu atau piring) dan melepas masker untuk makan dan minum, juga menempatkan kamu pada risiko yang lebih tinggi untuk tertular infeksi. Selain itu, tempat duduk di dalam ruangan tidak selalu memberikan jarak minimal 2 meter, yang juga meningkatkan risiko tertular infeksi.

Jika kamu tinggal dalam komunitas di mana tingkat penularan sangat tinggi, mengunjungi bar dan restoran dapat dihitung lebih lanjut pada ujung spektrum yang tidak aman. 

Jika kamu pencinta olahraga, sangat disarankan untuk menghindari pergi ke gym, karena ruangannya tertutup sehingga ventilasinya buruk, dan kurangnya penggunaan masker saat berolahraga.

Selain itu, berbagi peralatan gym juga dapat berperan dalam menyebarkan penyakit, tidak peduli seberapa hati-hati kamu melakukannya. 

Untuk menurunkan risiko tertular COVID-19, sangat disarankan untuk selalu mengenakan masker, apalagi saat bertemu dengan seseorang. Pilihlah tempat duduk di luar ruangan yang berventilasi baik dan jangan melepas masker, bahkan untuk berfoto atau selfie. 

Penting untuk dipahami, bahwa meskipun kita tidak bisa mengontrol orang lain untuk berperilaku sesuai protokol kesehatan, namun kita dapat fokus pada hal-hal yang berada di bawah kendali kita.

Memakai masker, menghindari area berisiko tinggi, selalu menjaga jarak dalam aktivitas berinteraksi dan mempraktikkan tindakan kebersihan yang baik jadi deretan hal yang bisa dibiasakan untuk selalu dilakukan selama masa pandemi berlangsung. 

LEAVE A REPLY