Ilustrasi lansia. Foto: Informasi Kesehatan

IDNews.co.id – Populasi lansia (lanjut usia) di Indonesia sudah lebih dari standard ageing society dengan angka lebih dari 7 persen. Namun, menurut survey, 61 persen dari keseluruhan populasi lanjut usia di Tanah Air memiliki keadaan pra renta.

Jumlah lanjut usia yang sehat, terdaftar cuma 13, 2 persen dari keseluruhan jumlah lanjut usia di Indonesia. Sementara, lanjut usia dengan keadaan renta sudah mencapai sampai 25 persen.

” Pra renta itu memiliki keadaan yang nampak sehat tapi sebenarnya memiliki penyakit. Masalah kesehatan lanjut usia didominasi terkait gaya hidup seperti PPOK, kanker, jantung, dan diabetes bahkan 50 persen pasien tua memiliki hipertensi, ” papar spesialis penyakit dalam, Prof. Dr. dr. Siti Setiati SpPD-KGer, M. Epid., didapati di Gedung Kemenkes RI, Jakarta.

Dikatakan Siti, cara paling mudah dalam menghambat penyakit-penyakit kritis yang mengintai lanjut usia yakni dengan melakukan gaya hidup sehat. Satu diantaranya dapat dengan memisah alur makan dengan nutrisi yang tinggi protein.

” Tapi penentuan proteinnya yang utama mesti ikan, jangan daging yang banyak lemak supaya massa otot tetap terbangun dengan baik hingga umur tua. Jauhi soft drink dan makanan cepat saji, tentukan air mineral saja untuk memenuhi kebutuhan cairan, ” ungkap Siti.

Diluar itu, Siti merekomendasikan para lanjut usia dapat mengelola stres supaya tidak berkelanjutan. Banyak bergerak dengan aktif dapat buat para lanjut usia mengurangi kadar stres yang mengintai.

” Bisa dengan lakukan olahraga 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Lanjut usia juga seharusnya melakukan hoby yang diminatinya supaya stres dapat alami penurunan, ” terangnya. (ndi)

LEAVE A REPLY