Pemain Timnas U-16 jalani sesi latihan. Foto: Viva

IDNews.co.id – Skuat Tim nasional Indonesia U-16 melontarkan keinginan teristimewa mendekati laga semi-final Piala AFF menantang Malaysia, Kamis (9/8/2018). Pelatih Tim nasional U-16, Fakhri Husaini, mengharap biar supporter mendukung pasukannya berlaga dengan cara yang santun.

Tekanan diluar laga Tim nasional U-16 versus Malaysia memang demikian tinggi. Itu setelah satu diantaranya pemain Malaysia, Amirul Ashrafiq Hanifah, melakukan pelecehan pada bendera Indonesia melalui akun sosial media punyanya.

Tindakan Amirul bikin masyarakat Indonesia berang. Akun instagram Amirul diserang warganet asal Indonesia.

Tidak hanya itu, saat Malaysia berlaga menantang Thailand, Amirul dicaci. Scuad Harimau Muda juga turut terkena getahnya dan diledek dengan banyak kata kasar.

Perlakuan supporter Tim nasional U-16 pernah bikin Malaysia berang. Mereka meminta perlindungan dari PSSI, AFF, dan pihak beda. Bahkan juga, pernah ada pilihan mundur dari kejuaraan ini.

” Kami berharap support dan doa dari supporter Indonesia. Akan tetapi, kami tak pengin kejuaraan ini jadi arena sama-sama cela. Dukung kami dengan sportif. Insya Allah, kami akan tampil maksimal , ” kata Fakhri dilansir web sah PSSI.

Tim nasional U-16 sebenarnya sudah membuktikan contoh baik. Mereka makan bersama dengan scuad Malaysia sehari sebelum laga dimulai .

Beberapa pemain Garuda Muda dan Malaysia duduk di satu meja, melakukan perbincangan, dan bercanda, mendekati match coodination meeting.

Fakhri menyatak an banyak nilai yang dapat diserap dari pertemuan itu. Pertemanan, sportivitas, dan perasaan sama-sama hormat, jadi tiga hal yang mesti muncul dalam laga kelak malam.

” Ini pertandingan sepakbola kelompok usia, bukan senior. Anak-anak ini asset sepakbola yang mesti dijaga. Jadi, saya mengimbau pemirsa agar dapat sama-sama menghormati di semua segi dan posisi. Jangan lantas kreatifitas dan aksi positif beda ternoda karena hasutan. Jangan lantas Indonesia terkena sangsi AFC dan FIFA, ” tutur Fakhri. (ndi)

LEAVE A REPLY