Presiden Joko Widodo

IDNEWS.CO.ID –¬†Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan penerapan prosedur standar new normal sarana ibadah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Selasa 2 Juni 2020.

Jokowi juga sekaligus mengecek perkembangan renovasi besar Masjid Istiqlal. Sampai hari ini, perkembangan renovasi tersebut sudah mencapai kurang lebih 90 persen.

“Dan renovasi besar ini akan diselesaikan Insya Allah di awal bulan Juli. Memang agak mundur karena adanya pandemi COVID-19,” kata Jokowi.

Mengenai apakah setelah selesai direnovasi akan langsung dibuka, pemerintah belum memutuskannya. Keputusan itu juga akan ditentukan imam besar Masjid Istiqlal.

Presiden Jokowi juga menitipkan protokol-protokol kesehatan jika nantinya masjid ini jadi dibuka. Hal itu demi mencegah penyebaran COVID-19.

“Tadi saya titip disiapkan protokol-protokol kesehatan, sehingga nanti saat melaksanakan salat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari covid, karena kita tahu penyebaran COVID-19 di tanah air memang belum semua provinsi wilayah bisa kendalikan,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pembukaan untuk tempat ibadah, aktivitas ekonomi, sekolah dan lain sebagainya akan melalui tahapan-tahapan yang ketat. Kemudian juga melihat data-data keilmuan. (fat)

LEAVE A REPLY