Ilustrasi ban mobil. Foto: Nissan

IDNews.co.id – Agar pengguna jalan lebih nyaman saat memacu kendaraannya, lapisan aspal digunakan hampir di seluruh wilayah Tanah Air. Meski demikian, ada beberapa ruas jalan yang menggunakan pelapis dari beton.

Hadirnya dua jenis jalan tersebut rupanya menimbulkan pertanyaan dari pemilik kendaraan. Jalan mana yang lebih mempengaruhi tingkat keausan pada ban mobil.

Mobil yang kerap melewati jalanan berlapis beton, diungkapkan Deputy General Manager PT Yokohama Tyres Indonesia, Eka Satria, lebih cepat memangkas usia ban kendaraan alias lebih boros.

“Beton lebih kasar, jadinya lebih cepat memangkas ban saat melintasinya. Tapi, sebenarnya semuanya itu kembali lagi bagaimana pemilik kendaraan mengendarai,” kata Eka di Jakarta.

Ia juga menegaskan, kebiasaan pengendara saat memacu kendaraannya di jalan sangat berpengaruh pada umur ban yang digunakan.

“Kalau pemakainya enggak zig-zag saat berkendara, enggak ngebut, enggak sering mengerem mendadak, biasanya usia ban akan lebih awet. Tapi, kalau secara terus menerus melakukan hal itu, ya memang usianya akan lebih cepat,” tuturnya. (ach)

LEAVE A REPLY