Ilustrasi daging beku. Foto: SEHAT.link

IDNEWS.CO.ID – Sangat banyak cara produksi daging merah. Itu pemicunya banyak orang-orang seringkali beli daging dalam banyaknya besar. Baik untuk diolah saat itu atau disimpan beberapa.

Salah satunya cara untuk menyimpan daging supaya bertahan lama yakni dengan membekukannya di freezer. Freezer pada dasarnya ialah ruang ajaib yang hentikan waktu. Ini seperti menekan tombol pause pada makanan hingga mereka siap untuk diolah.

Saat lalu. bagaimana cara tepat menyimpan daging di lemari es? Celebrity Chef, Steby Rafael mengatakan jika soal utama yang butuh diperhatikan ialah area pembelian daging.

“Dari tempat beli sanitasinya bagus atau gak, karena daging, protein ringan tercemar sekali. Kalaupun beli di pasar, beli yang fresh. Kalaupun beli daging di area dengan suhu ruang 20 derajat (Celsius),” tukasnya belum lama ini.

Ia menambahkan, langkah yang dapat dilakukan yakni dengan membersihkan daging. Setelah itu dikeringkan sebelum akhirnya dimasukkan ke freezer.

“Kalau beli di pasar yakinkan setelah pulang, daging bersihkan. Ini pastinya banyak bilang gak bisa tetapi sebenarnya gak. Kalaupun belinya di ruangan yang kurang bersih, perlu dibikin bersih untuk lewatkan pencemaran kuman di daging,” katanya.

Setelah daging dicuci, keringkan daging dengan tisu dapur (paper towel). Ini dilakukan untuk menegaskan tidak ada penebaran kuman.

“Setelah dilap, simpan dalam tempat kedap udara, lalu masukan ke storage. Suhu penyimpanan daging tepat 0 sampai 4 derajat (Celsius) untuk menghindari proses oksidasi. Kalaupun ingin, dibekukan di suhu -18 derajat dan ini dapat tahan tahunan,” jelas ia. (ria)

LEAVE A REPLY