Merawat sunroof mobil. Foto: Mobilmo.Com

IDNews.co.id -Bersamaan perubahan teknologi, tren dunia otomotif saat ini jadi tambah  berkembang. Tak kecuali banyak mobil baru yang sekarang ini terpasang dengan atap dapat terbuka. Perangkat ini umum dimaksud sunroof.

Kebanyakan orang, menggunakan fitur itu untuk melihat panorama luar dari atap kendaraan. Tetapi dapat pula difungsikan sebagai pengatur aliran udara didalam kabin.

Sayangnya, perangkat itu jarang beroleh perhatian dari pemilik, terutama dalam soal perawatan. Padahal, untuk menjaga sunroof biar tetap awet tak perlu biaya yang mahal. Bahkan bisa menggunakan bahan di sekitar kita.

Pemilik bengkel Garasi Sunroof, Dewa Indra, mengakui, menjaga perangkat itu tidak ada perlakuan spesial. Agar dapat selalu digunakan, fitur itu dapat dioles dengan minyak mesin jahit.

” Bila perawatan sebenarnya tidak sulit, kita dapat pakai minyak untuk mesin jahit pada rel dan karetnya agar tidak getas, ” kata Dewa.

Ia mengatakan, masalah yang umum terjadi biasanya para pemilik bersihkan dempulan yang ada pada sekitar sunroof. Padahal, langkah itu tak butuh dilakukan mengingat dapat berpotensi menyebabkan kebocoran.

” Biasanya pada waktu didempul dia bersihin dempulnya itu, kerusakaan yang banyak karenanya. Hingga dapat menyebabkan bocor dan tidak bagus kembali nampaknya, ” katanya. (ndi)

LEAVE A REPLY