Ilustrasi Pikun. Foto: Portallampung.co

IDNEWS.CO.ID – Menghambat dan mengurus diabetes dengan penyembuhan dan gaya hidup sehat yakni cara yang bisa dilakukan untuk menghambat terjadinya komplikasi diabetes, yang antara lainnya yakni demensia. Karenanya, ikuti petunjuk berikut ini:

Mengamati situasi kesehatan

Awasi situasi kesehatan Anda secara teratur dan turuti saran dokter untuk mengawasi kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah tetap konstan. Makanlah obat-obatan sesuai usul dokter dan lakoni tatacara skema makan yang diberi oleh dokter.

Menempatkan gaya hidup sehat

Yuk, mulai biasakan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah, sayur, daging tanpa lemak, keju, susu rendah lemak, dan gandum utuh.

Teratur olahraga setidaknya 30 menit sehari pula akan sangatlah mendukung, terutama jika kamu memiliki kelebihan berat badan. Olahraga bisa mendukung beberapa sel badan dalam menggunakan insulin, dan mengawasi kadar gula darah dengan menyalurkan darah yang kaya akan oksigen ke otak.

Tidak hanya itu, jauhi berbagai kebiasaan tidak baik yang bisa membahayakan kesehatan, seperti merokok dan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Kurangi depresi

Pasien diabetes yang kerap mengalami depresi akan mudah mengalami problem tidur dan kerusakan sel saraf otak. Oleh karena itu, cukup tidur dan mengurangi depresi yakni langkah yang penting untuk menghambat diabetes dan menurunkan resiko terjadinya demensia.

Biarpun nampak simpel, jika berkelanjutan dilakukan, beberapa langkah di atas bisa mengurangi resiko Anda terkena diabetes tipe 2 sampai lebih dari 50%, lho. Disamping itu, beberapa langkah di atas bisa mendukung Anda menghambat demensia dan komplikasi yang lain dari diabetes, seperti stroke, penyakit ginjal, dan penyakit jantung.

Jika Anda menderita diabetes dan mulai mengalami problem atau persoalan dalam berpikir dan mengingat, segeralah periksakan diri Anda ke dokter ya.(ria)

LEAVE A REPLY