Ilustrasi kaki wanita. Foto: Sidomi

IDNews.co.id – Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Semua umat Muslim di semua dunia tentu rayakannya dengan suka ria dan membuatnya sebagai peristiwa berkumpul bersama keluarga.

Berkeliling-keliling ke rumah sanak keluarga saat Lebaran, sudah jadi kebiasaan untuk umat Muslim, terutama di Tanah Air. Spesialis Kesehatan Fisik dan Rehabilitasi dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Dr. Siti Anissa Nuhonni, SpKFR (K) mengatakan kalau untuk menghindar sakit pada kaki, diperlukan sepatu yang nyaman.

” Baiknya gunakan sepatu yang tidak flat, karena bentuk telapak kaki itu ada sedikit lekukannya. Bila dibuat flat, jadi jadi sakit, ” tutur dokter Siti sekian waktu kemarin.

Menurut dia, perlu sepatu dengan sedikit hak yang tidaklah terlalu tinggi, namun berikan bentuk sesuai telapak kaki. Ia mengatakan, baiknya tentukan sepatu dengan tinggi hak mencapai sampai tiga sentimeter.

” Karena di situ sudah terjadi lekukan telapak kaki yang cocok, ” tuturnya.

Mengenai jika ada bengkak pada kaki karena sangat lama digunakan jalan, terutama pada kelompok lansia, ia merekomendasikan untuk seringkali memberikan perawatan yang tepat. Satu diantaranya dengan seringkali meninggikan kaki saat tidur.

” Pada lansia umum karena aliran darah sudah tidak bagus jadi mudah bengkak. Obati dengan kaki ditinggikan saat tiduran, supaya lebih tinggi dari jantung. Lalu gerakkan telapak kaki ke atas dan bawah, ” katanya.(ndi)

LEAVE A REPLY