Ilustrasi berdiri. Foto: Hello Sehat

IDNews.co.id  – Beberapa tugas menuntut seseorang untuk berdiri selama waktu. Sebagian orang memandangnya sebagai tingkah laku yang lebih sehat dari pada kelamaan duduk. Faktanya, pemikiran ini tak seluruhnya benar. Berdiri sangat lama dapat juga menghadirkan sejumlah masalah kesehatan.

Berdasarkan keterangan dr. Suci Dwi Putri, berdiri sangat lama buat otot badan bekerja terus-terusan. Kondisi ini buat suplai daya yang kirim oleh pembuluh darah tidak sesuai dengan yang diperlukan.

“Otot akan menggunakan cadangan daya yang tersimpan, akan tetapi membuahkan produk sambilan yang dimaksud asam laktat. Zat ini dapat menumpuk dan mengakibatkan sejumlah masalah kesehatan, ” kata dr. Suci.

Berdiri sangat lama memang bisa tingkatkan resiko terjadiya sejumlah masalah kesehatan. Kabar baiknya, resiko itu dapat di turunkan dengan melakukan tehnik selanjutnya ini :

1. Merubah urutan kaki lewat cara berkala.

Sembari berdiri, rubahlah urutan kaki Anda lewat cara berkala. Ke kanan dan kiri, ke depan atau belakang seperti saat Anda berjalan. Walau kelihatan simpel, tindakan ini bisa membuat lancar aliran darah di sisi kaki. Pokoknya, jauhi letakkan kaki di satu urutan yang sama dalam jangka periode yang lama.

2. Istirahatkan diri dengan adanya banyak duduk.

Saat tugas menuntut Anda berdiri sangat lama, jadi Anda mesti menggunakan semuanya waktu istirahat untuk duduk lebih lama. Jika sangat mungkin, bebaskan alas kaki dan posisikan kaki Anda lebih 15 cm tambah tinggi.

Terkecuali itu, yakinkan juga Anda melakukan gerakan peregangan kaki biar peredaran darah dapat kembali seperti yang lalu. Langkah ini dapat di buktikan bisa menghindar terjadinya peradangan jaringan ikat yang menutupi sisi bawah kaki (plantar fasciitis).

3. Pakai alas kaki yang tepat.

Jauhi menggunakan alas kaki yang sangat sempit atau memiliki hak sangat tinggi. Karena alas kaki yang demikian dapat menyebabkan problem pada peredaran darah di kaki.
Tambah lebih baik jika Anda pilih alas kaki dengan ukuran sedikit semakin besar dan tidak mengerucut di sisi ujung jari. Padukan pemanfaatan alas kaki yang tepat dengan kaus kaki atau stoking kompresi, biar aliran darah di sisi kaki jadi sangat baik.

4. Kurangi berat badan.

Saat Anda berdiri sangat lama, kaki mesti menumpang semuanya beban badan. Jadi, jika Anda memiliki berat badan berlebihan, berat yang di jamin kaki jadi lebih berat lagi.
Untuk mengecilkan resiko masalah kesehatan disebabkan berdiri sangat lama, turunkanlah berat badan Anda ke rentang normal. Hal ini dapat Anda raih dengan teratur mengerjakan olahraga dan menempatkan alur diet sehat.

Keempat cara diatas sangatlah baik untuk digabungkan dengan aplikasi gaya hidup sehat, adalah dengan tetap lewat cara teratur dan teratur, jauhi rokok dan alkohol, juga cukuplah istirahat.

Janganlah dibiarkan badan mengalami sejumlah masalah kesehatan disebabkan berdiri sangat lama. Melakukan tehnik diatas dengan saksama, dan jangan sangsi bila Anda mau berkonsultasi selanjutnya pada dokter. (ndi)

LEAVE A REPLY