Ilustrasi Anak doyan makan. Foto: CNN Indonesia

IDNews.co.id – Salah satu keluhan yang seringkali dihadapi orangtua yaitu sulitnya buat buah hati makan dengan lahap. Bahkan, seringkali anak tidak ingin makan sekalipun.

Buat anak bersedia makan dan menggunakan makanannya diperlukan trick sendiri. Psikolog anak, Anna Surti Ariani mengungkap, anak susah makan dapat diatasi dengan cara membuatnya merasakan lapar.

” Caranya ajak dia melakukan aktivitas, seperti lari, membereskan mainannya, atau berjalan-jalan. Setelah itu dia akan merasakan lapar, ” kata Anna saat didapati di sebuah acara di Jakarta belum lama ini.

Ketika lapar juga ibu harusnya berikan anak makanan sehat terlebih dulu, bukanlah makanan berbentuk makanan ringan yang dikehendaki. Ibu dapat mengatakan kepadanya seperti, ” Butuhkan yang ini dahulu ya, kemudian baru bisa makan yang itu. ”

Lalu, butuh diingat juga jangan berikan makan anak sembari dia bermain. Bermain ini dapat jadikan sebagai reward ibu pada anak yang sudah menggunakan makannya.

” Baiknya berikan jarak memberikan makanan ringan atau minuman berat selama 1-2 jam sebelumnya makan, ” tambah Anna.

Saat makan, semakin lebih baik jika dimulai dari makanan berat, lalu ibu bisa memberikan animo berbentuk makanan ringan atau camilan yang disenangi anak. (ndi)

LEAVE A REPLY