Ilustrasi copot stiker di mobil. Foto: DecoDeko

IDNews.co.id – Pastinya begitu mengesalkan jika anda pergi ke obyek wisata mendadak mobil anda sudah ditempelin stiker oleh oknum tidak dikenal. Anda kelihatannya tidak nyaman karena mobil anda bukan hanya arena promosi gratis untuk obyek wisata itu.

Tak cuma itu, jika tidak benar dalam melepas stiker terkadang residu yang ditinggalkan begitu menggangu penampilan kendaraan. Bahkan lebih parah sekali lagi stiker itu dapat merusak cat mobil saat kita terlepas dengan paksa.

Sebenarnya, melepas stiker bukan hanya pekerjaan yang susah. Terdapat banyak kiat aman dan mudah untuk melepas stiker pada kendaraan. Berikut cara-cara melepas stiker supaya tidak merusak cat mobil kamu

1. Hair Dryer

Cara pertama yaitu dengan menggunakan pengering rambut (hair dryer), prinsip langkah tersebut yaitu memanaskan stiker makanya lem tidaklah terlalu kuat melekat pada body mobil (lem jadi lembek/lunak). Panas pada pengering rambut tidaklah terlalu panas makanya cukup untuk melemaskan lem stiker walau demikian tidaklah sampai merusak cat mobil.

2. Mentega

Mentega juga ialah cara ampuh untuk menolong menanggalkan stiker mobil anda. Mentega memiliki reaksi kimiawai dalam melunakkan dan mengurangi daya rekat lem adhesif stiker atau scoutlet. Caranya mudah dengan membasahi permukaan stiker dengan mentega, tunggulah sampai sebagian menit supaya stiker melunak. Setelah itu anda dapat copot stiker anda dengan hati-hati.

3. Sabun atau Sampo

Anda juga dapat pakai sabun atau shampo untuk melepas cutting stiker. Caranya juga tidak sangat susah tinggal basahi dulu permukaan stiker kertas yang mau dilepaskan dengan air sabun atau shampo. Setelah itu gosok perlahan-lahan menggunakan kain basah makanya sisa perekatnya ada pada stiker itu lepas.

4. Minyak Kayu Putih atau Bensin

Bahan yang lain yang dapat kita pakai yaitu minyak kayu putih atau bensin. Hampir sama juga dengan mentega, minyak kayu putih atau bensin tinggal poleskan saja ke stiker di mobil anda. Tunggulah sampai sebagian menit, setelah itu dilepaskan pelan-pelan kelak lama-lama stiker terlepas. Setelah stiker lepas jadi bersihkan sisa lemnya dengan lap yang dibasahi minyak kayu putih hingga tidak berbekas. (ndi)

LEAVE A REPLY