Parkir mobil paralel di Sydney

IDNEWS.CO.ID – Bagi sebagian orang yang baru bisa mengendarai mobil, salah satu hal tersulit adalah ketika memarkir kendaraan sendiri. Terutama, jika ruang parkir yang tersedia adalah model paralel.

Ruang gerak yang sempit serta pengendalian kemudi harus diperhatikan benar oleh pengemudi. Jangan sampai saat parkir, kendaraan yang digunakan menabrak kendaraan lain yang tengah terparkir.

Selain membutuhkan konsentrasi, seperti dilansir dari laman Suzuki, Selasa (27/11/2018).

Cari Area Kosong di Parkir Paralel

Jika Anda sudah menemukan posisi area parkir paralel yang kosong,sejajarkan mobil Anda dengan mobil yang diparkir paling depan. Kemudian, beri tanda sein agar pengendara di belakang atau di depan tahu jika Anda sedang bersiap-siap masuk ke posisi area yang kosong.

Arahkan Kemudi Anda ke posisi Tempat Parkir yang Kosong

Ubah posisi tuas transmisi Anda ke posisi mundur, kemudian mundurkan kendaraan Anda ke posisi parkir yang kosong. Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi sekitar lewat kaca spion, agar bisa menghindari dari kecelakaan dengan pejalan kaki.

Selaraskan Posisi Kendaraan Anda dengan Kendaraan di Depan

Selesai menempatkan kendaraan di posisi parkir paralel yang kosong, selaraskan kendaraan dengan kendaraan yang ada di depan dan belakang. Hindari berbenturan dengan kendaraan yang ada di depan atau belakang dan sisi jalan. Untuk lebih memudahkan Anda, mintalah bantuan teman atau tukang parkir.

Mengatur Posisi Ban dan Kemudi

Ketika sudah dalam posisi parkir paralel, yang perlu Anda lakukan yaitu mengatur posisi kemudi. Jika mobil berada di parkiran paralel yang menanjak, arahkan ban dan kemudi ke arah berlawanan dengan tepi jalan. Namun, jika Anda berada di parkiran paralel yang menurun, posisikan ban dan kemudi ke arah mendekati tepi jalan. Setelah itu, langsung aktifkan rem tangan.(fat)

LEAVE A REPLY