Ilustrasi anak makan. Foto: Haibunda

IDNEWS.CO.ID – Melimpahnya faedah asam lemak mendasar ini untuk anak, semestinya menarik perhatian Anda. Untuk penuhi kebutuhan omega 3 pada anak, cermati beberapa tips-nya berikut ini.

1. Dahulukan pemenuhan konsumsi omega 3 dari makan

Omega 3 tidak cuma terdapat di makanan, namun juga dikemas berbentuk suplemen. Biarpun nampaknya lebih praktis, Anda semestinya menentukan konsumsi omega 3 melalui makanan.

Kalau bermaksud memberikan suplemen omega 3 pada anak, melakukan komunikasikan lebih dulu pada dokter. Ini menopang Anda perhitungkan apa anak butuh suplemen asam lemak mendasar ini atau tidak.

2. Pilihan makanan mengandung omega 3

Omega 3 tidak cuma terdapat di ikan. Tidak semua jenis ikan pula mengandung asam lemak mendasar ini. Biar Anda tidak bingung, selanjutnya jejeran makanan yang mengandung asam lemak omega 3 untuk anak:

Ikan: salmon, sarden, tuna, dan sejenis ikan kembung
Makanan laut: tiram dan udang
Kacang-kacangan: kenari dan kedelai
Daging sapi
Biji-bijian: biji rami dan biji chia

3. Hidangkan secara menarik biar anak menyukainya

Biar anak menyukai makanan itu, Anda butuh mengusahakannya. Satu diantaranya caranya ialah bikin kreasi menu biar dia tidak suntuk.

Kalau anak menyukai ikan, Anda dapat menyajikan salmon dengan bumbu teriyaki atau saus tomat. Di lain kesempatan, Anda dapat memproduksi ikan dan udang jadi siomay atau dim sum.

Anda bisa juga mengombinasikan dengan menu makanan lain, seperti kacang dan biji-bijian. Contohnya, menambahkan potongan kacang pada yogurt, buat selai kacang untuk roti panggang atau sandwich, dan tambahkan biji rami pada muffin, sup, atau nasi goreng.(ria)

LEAVE A REPLY