Ilustrasi

IDNews.co.id – Helm sebagai perangkat keselamatan paling utama untuk pengendara sepeda motor. Untuk itu, helm sering dimanfaatkan para penunggang ‘kuda besi’ saat berkendara di jalan raya.

Seiring dengan penggunaannya, helm juga memerlukan perawatan supaya tetap bersih dan terbangun, apalagi pada musim hujan. Udara yang lembap dapat buat helm beraroma tak sedap. Lantas bagaimana perawatan helm di saat musim hujan seperti yang tengah terjadi belakangan ini?

Menurut Pemasaran PT Prakarsa Abadi Sentosa sebagai distributor resmi helm merk Nolan, Xlite, Grex dan Alpinestars, Deden Fauzi, perawatan helm saat musim hujan sama seperti hari umum. Cuma saja perlu saat ekstra saat membersihkannya.

” Ketika setelah hujan umumnya saya segera mengelap air dengan kain halus dan kering agar bercak air dan kotoran tidak melekat, ” kata Deden.

Dia menuturkan, saat helm terserang hujan jadi selekasnya letakkan perangkat tersebut di atas kipas, supaya helm memperoleh aliran udara alias tak membiarkan helm lembap. Sebab terkecuali menyebabkan bau tak sedap, helm lembap dapat menyebabkan bakteri.

” Diletakkan diatas kipas supaya busa jadi kering tidak lembap. Jangan lupa untuk buka visor supaya udara di dalamnya keluar, ” tangkisnya memberikan.

Senada, pemilik toko Touwani Shop di Sukapura, Jakarta Utara, Ronald Touwani juga menuturkan, sejujurnya tidak ada perawatan spesial helm saat musim hujan. Apalagi bila helm sudah dilengkapi dengan pinlock atau susunan plastik antifog alias antiembun.

” Paling perawatannya habis hujan lap kering saja karena luarnya saja yang basah. Dalamnya tidak apa-apa, diangin-anginin saja habis dicuci. Kalau yang belum ada antifog ya dijemur hingga kering, ” tuturnya. (ndi)

LEAVE A REPLY