Ilustrasi daging beku. Foto: SEHAT.link

IDNEWS.CO.ID – Daging kambing diketahui lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi. Tiga ons daging kambing memiliki sekitar 25 gram protein, kalium dan vitamin B-12 yang baik untuk badan. Daging kambing pun kaya akan sumber zat besi, magnesium, selenium dan omega-3 yang baik.

Nah, jika ada daging kambing lebih di Hari Raya Idul Adha ini, yakinkan Anda menyimpannya secara baik. Ini supaya daging kambing tetap terbangun kwalitetnya hingga sampai kelak datang saat Anda mau memasaknya.

Peraturan pertama dan mungkin yang sangat utama untuk kesehatan ialah jangan sudah pernah melepaskan daging kambing terkena suhu panas hingga sampai Anda memasaknya. Jangan juga meletakkan daging kambing pada suhu ruangan. Daging kambing mesti langsung disimpan di freezer.

Dikutip dari The Spruce Eats, Minggu (11/8/2019), daging kambing dapat disimpan di freezer selama enam sampai sembilan bulan. Sesaat yang terpilih ialah melepaskan daging kambing beku tidak lebih dari empat bulan.

Waktu menyimpan daging kambing, gunakan wadah tertutup untuk menahan cairan bocor dan bersentuhan dengan makanan lain di lemari es. Ini merupakan cara untuk menahan rancu dari bakteri yang mungkin ada daging kambing.

Di bawah ini beberapa teknik lain yang akan menolong Anda.

1. Menyimpan daging kambing tersisa

Daging kambing yang telah dibuat bisa juga disimpan di lemari es atau freezer. Peraturannya, daging kambing yang dibuat mesti digunakan dalam saat tiga hari sewaktu disimpan di lemari es dan bisa disimpan sampai tiga bulan di freezer.

2. Labeli daging kambing dengan keterangan tanggal

Merupakan buah pikiran yang baik untuk berikan merk daging dengan tanggal. Dengan cara ini, Anda tidak akan sudah pernah bingung berapakah lama daging itu telah disimpan di lemari es. Jangan lantas Anda membuang daging yang masih bermutu cuma karena tidak sangat percaya dengan tanggalnya, atau Anda memproses daging yang telah melalui batas waktu penyimpanan yang dianjurkan.

3. Sewaktu mau dibuat

Seharusnya jangan menggoreng daging kambing setelah disimpan di lemari pendingin. Langkah memproses yang dianjurkan yakni dengan mengukus atau merebus daging, bukan digoreng atau dibakar. (ndi)

LEAVE A REPLY